Sen. Jun 21st, 2021
Poltas Kembali Terima Beasiswa Bank Indonesia

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Politeknik Aceh Selatan (Poltas) kembali menerima beasiswa Bank Indonesia (BI). Poltas menerima beasiswa tersebut bersama tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta di Aceh. Prosesi penyerahan secara simbolis dilakukan di Kantor BI Perwakilan Aceh pada Jumat (30/4) di Banda Aceh.

Adapun perguruan tinggi penerima beasiswa tersebut adalah Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Teuku Umar Meulaboh, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah Banda Aceh, Universitas Abulyatama Aceh Besar, Politeknik Aceh Banda Aceh dan Politeknik Aceh Selatan Tapaktuan.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Aceh, Achris Sarwani, menjelaskan bahwa penyerahan beasiswa tersebut merupakan bentuk komitmen BI terhadap penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang handal dan berdaya saing. BI, tambah Achris, sadar betul jika kemajuan suatu bangsa sangat bergantung kepada penyiapan generasinya.

“BI tidak sekedar memberikan beasiswa tetapi para penerimanya juga dibina secara organisatoris melalui organisasi nasional Generasi Baru Indonesia (Genbi),” ujar Achris yang pernah menjadi kepala Perwakilan BI Nusa Tenggara Barat tersebut.

Direktur Poltas, Dr Muhammad Yasar STP MSc pada kesempatan sambutan terakhir menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada BI atas peluang beasiswa tersebut. Yasar menyebutkan bahwa Poltas bangga dan bahagia bisa memperoleh kesempatan meraih beasiswa bergengsi ini bersama para perguruan tinggi terbaik di Aceh.

“Ini adalah kali kedua Poltas memperoleh beasiswa BI. Tahun lalu 28 orang, Alhamdulillah tahun ini bertambah menjadi 50 orang melalui seleksi yang ketat,” ucap Yasar.

Dikatakan Yasar bahwa beasiswa BI memang beda, dimana konsepnya sangat bagus. Mahasiswa, tutur Yasar, bukan hanya diberikan biaya pendidikan saja tetapi dibina secara keorganisasian yang itu diyakini sebagai cara paling efektif dalam menyiapkan generasi yang hebat.

“Pintar kuliah saja tidak cukup, melalui organisasilah kepintarannya memiliki daya guna yang bermanfaat bagi sesama,” terang Yasar.

Lebih lanjut Yasar mengaitkan dengan kondisi kekinian yang secara faktual menyematkan Aceh sebagai provinsi termiskin di Sumatera. Kemiskinan, kata Yasar, disebabkan karena tidak adanya akses terhadap pendidikan dan tidak adanya pendidikan juga disebabkan oleh ketidakmampuan akibat kemiskinan. Oleh sebab itu mata rantai kemiskinan ini harus dapat diputuskan, dan beasiswa BI adalah salah satu solusinya.

“Atas nama civitas akademika Poltas dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sebagai pemilik Poltas, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terimakasih yang terdalam kepada Bank Indonesia. Semoga beasiswa ini terus ditingkatkan,” pungkas Yasar.

Penyerahan beasiswa secara seremonial tersebut turut dihadiri oleh Majelis Pendidikan Aceh, Baitul Mal Aceh, Pimpinan Perguruan Tinggi se Aceh, Perwakilan mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi penerima dan disaksikan oleh seluruh mahasiswa penerima secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *