Kam. Jun 24th, 2021

ACEHSIANA.COM, Idi – Sebanyak 25 guru dari 3 madrasah yaitu MTs Seuneubok Johan, MIN 18 Aceh Timur, dan MI Tampak, dilatih penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif dan Media Pembelajaran. Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 26 – 28 april 2021 di MTs Seuneubok Johan.

Kepala MTs Seuneubok Johan, Firdaus, S.Pd.I menjelaskan bahwa bahwa pentingnya guru memahami cara membuat LKPD interaktif. Terlebih lagi, tambah Firdaus, LKPD merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik.

“Dengan demikian kita harapkan dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar. Apalagi di masa pandemi ini, guru dituntut harus terus meningkatkan kompetensinya agar terampil dalam menguasai berbagai media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran dikelas,” ujar Firdaus

Dikatakan Firdaus bahwa meskipun beberapa peserta berasal dari Madrasah swasta, tetapi tidak boleh patah semangat untuk terus berbenah demi madrasah yang lebih baik. Meski saat ini sedang menjalani puasa Ramadan, sebut Firdaus, jangan sampai menyurutkan niat untuk terus belajar mengupgrade ilmu pengetahuan, dimanapun dan dengan siapapun.

Narasumber kegiatan yang juga trainer Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh, Agussalim, menerangkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, dengan materi Membuat media TTS Pembelajaran, merancang lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif, mendesain inovasi evaluasi berbasis ular-ularan. Agussalim mengharapkan semoga nantinya peserta bisa menerapkan apa yang sudah dipelajari kepada peserta didik di madrasah masing-masing. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *