Rab. Okt 27th, 2021

Acehsiana.com-SABANG- Gampong Beurawang sabang adalah sebuah perkampungan di kecamatan Sukajaya, kota Sabang, termasuk dalam kriteria kampung yang minim jumlah penduduk dan berlokasi cukup jauh dari pusat kota Sabang.

Meskipun kampung Beurawang termasuk dalam kategori kampung berumur tua di Sabang tapi hingga saat ini kampung ini belum memiliki masjid. Berbanding terbalik dengan kampung lainnya yang telah memiliki fasilitas masjid bahkan ada yang mempunyai masjid lebih dari satu di kampung tersebut.

Atas dasar semangat ingin beribadah dengan layak dan semestinya maka beberapa waktu lalu masyarakat gampong beurawang bersama perangkat gampong telah berinisiatif untuk memulai membangun sebuah masjid di lokasi tanah waqaf yang diwaqafkan oleh seorang hamba Allah untuk dijadikan masjid.

Lembaga BKPRMI kota sabang sebagai sebuah badan organisasi pemuda dan remaja masjid indonesia berkomitmen untuk membantu masyarakat gampong Beurawang dalam mendirikan masjid.

Dalam kegiatan safari ramadhan bertepatan malam ke 11 kemarin, pengurus BKPRMI sabang melakukan kunjungan muhibah ke meunasah Beurawang sekaligus sholat taraweh bersama warga.

Dalam ceramah taraweh yang disampaikan oleh Sdr Albina.A.Rahman, ST.MT mewakili rombongan yang sekaligus juga ketua BKPRMI kota sabang ini kembali menegaskan komitmen untuk membantu memfasilitasi masyarakat gampong Beurawang dalam mendirikan masjid,
“Membangun masjid disebuah kampung sesungguhnya itu bukan semata kewajiban warga kampung itu saja, tapi adalah amanah dan kewajiban serta kepedulian kita kaum muslimin dimana pun berada, BKPRMI Sabang akan bantu fasilitasi proses pembangunan masjid ini, seperti membantu membuatkan desainnya, membantu menyebarluaskan informasi pembangunan sehingga kaum muslimin dari manapun bisa tahu dan bisa ikut berkontribusi” demikian kata Albina.

“Jaman sekarang informasi dan peran orang dalam membangun fasilitas ibadah seperti masjid tidak ada batasan lagi, orang dari luar negeri sekalipun bisa berinfaq membantu selama informasi itu sampai ke mereka, BKPRMI akan membantu ke arah itu sehingga niat mulia ini segera terwujud”

Untuk diketahui bersama bahwa saat ini warga gampong Beurawang sudah beberapa bulan ini telah menyelanggarakan sholat jumat di mushalla gampong mereka, meskipun masjid belum ada mereka nekat dan serius menyelenggarakan sholat Jumat, hal itu juga dikarenakan masjid yang dekat dengan gampong mereka terlalu jauh.

Gampong beurawang terletak antara gampong Jaboi dan Gampong Keuneukai yang masing-masing telah memiliki masjid.
Setelah selesai sholat taraweh yang diimami oleh tgk Muslim yang juga komandan Brigade Masjid BKPRMI sabang pengurus BKPRMI juga memberikan bingkisan berupa Rehal Quran atau tatakan tempat baca al-Quran, bingkisan diterima oleh Imum Chik meunasah Beurawang disaksikan perangkat gampong.

Laporan: Enzuharisman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *