Sel. Okt 26th, 2021

ACEH SIANA.COM I Banda Aceh – Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh dan Dinas Pendidikan 23 Kabupaten/Kota serta Cabang Dinas Pendidikan Wilayah menggelar program peningkatan mutu pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 08 sampai 10 April 2021 di Hotel Kyriad Kota Banda Aceh.

Pada malam pembukaan, Kamis (08/04) Kepala LPMP Aceh diwakili Kapala Sub Bagian Tata Usaha, Khairil Huda menyampaikan, program-program yang ada di LPMP sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ada di Provinsi Aceh.

“Pada dasarnya program-program LPMP Provinsi Aceh merupakan turunan dari program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. LPMP lebih terfokus pada kegiatan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah,” kata Khairil.

Dikatakannya, selain itu banyak program yang sudah berjalan seperti kerjasama seleksi kepala sekolah, seleksi pengawas sekolah yang sudah berjalan melibatkan LP2KS Solo.

Dijelaskannya, selama ini perlu adanya kesamaan persepsi program yang outputnya adalah implikasi hasil dari program seleksi kepala sekolah dan pengawas sehingga dapat langsung terasa manfaatnya terhadap perubahan mutu pendidikan Aceh.

“Selain Program pemetaan mutu pendidikan Aceh yang difasilitasi oleh LPMP sebagai program pendampingan satuan pendidikan dan sosialisasi program guru penggerak juga pengawas penggerak,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, kegiatan ini akan maksimal, efesien dan multi manfaat jika bersinergi dengan Disdik Aceh dan Disdik kabupaten/kota serta Cabang Dinas Pendidikan Wilayah di daerah masing-masing.

Khairil menambahkan, semua ini akan mempercepat dan memudahkan implementasi program merdeka belajar dan program Aceh Carong. Pemerintah daerah akan didampingi oleh LPMP Provinsi Aceh dan Balai Pengembangan PAUD Dikmas dalam upaya penyelenggaraan pendidikan di Provinsi Aceh sesuai dengan Qanun Aceh nomor 9 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pendidikan.

Ia mengharapkan, dari kegiatan ini ada kebijakan dan program kerja LPMP Aceh dan BP PAUD Dikmas mampu menyelaraskan pemahaman kemitraan dan kerjasama antar lembaga dan institusi kemudian bisa membangun sinergisitas antara LPMP dengan stakeholder tentang peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Aceh.

“Kita belajar dari apa yang sudah terjadi beberapa tahun terakhir terkait dengan pelaksanaan program penjaminan mutu pendidikan di Aceh, dari sekian banyak program pada umumnya akan berakhir tiga sampai lima tahun kita belajar mengevaluasi kembali apa yang sudah terjadi dan kita temukan bahwa program tersebut kurang berkelanjutan,” ujar Khairil

Menutup sambutannya, untuk level kabupaten/ kota maupun tingkat provinsi terlebih lagi perubahan nomenklatur restrukturisasi di Kemdikbud membuat beberapa lembaga harus mengeluarkan sasaran tertentu termasuk LPMP Aceh itu sendiri.

Kontributor: hamid

Editor : Baihaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *