Sen. Jun 21st, 2021
Direktur Poltas Ungkap Strategi Jitu Mahasiswa Kreatif Inovatif dan Inspiratif

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP MSc, mengungkapkan strategi jitu menjadi mahasiswa yang kretaif, inovatif, dan inspiratif. Hal itu diungkapkan Yasar saat menjadi narasumber Studium Generale di Universitas Islam Neger (UIN) Ar-Raniry pada Kamis (1/4).

Kegiatan yang bertema mahasiswa kreatif, inovatif, inspiratif, mendulang prestasi merajut mimpi tersebut dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Ketua Program Studi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry, Dr Misbahul Jannah,menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya kreatif dan kemampuan berinovasi di kalangan mahasiswa UIN khususnya prodi Fisika.

“Prodi Fisika merupakan salah satu prodi yang sedang giat-giatnya mengejar prestasi baik itu berskala nasional hingga internasional guna meraih akreditasi terbaik,” ujar Misbah.

Dikatakan Misbah bahwa sosok Dr Yasar dipandang sangat tepat dihadirkan sebagai narasumber mengingat banyak prestasi yang diraih Poltas sejak dipimpinnya. Saat in,i tambah Misbah, Poltas layak disebut sebagai kampus yang kreatif, inovatif dan inspiratif dengan segala karya-karyanya.

Sementara dalam pemaparannya, Dr Yasar mengungkapkan strategi jitu menjadi mahasiswa kreatif, inovatif dan inspiratif.

“Amalkan saja hadih maja Aceh Asai Meugrak Jaroe, Meu Eek Igoe, yang kalau diartikan kurang lebih bermakna asal bergerak pasti akan mendatangkan rejeki,” sebut Dr Yasar.

Lebih lanjut Dr Yasar menuturkan bahwa hadih maja tersebut relevan untuk mendorong sikap kreatif kita yang intinya jangan takut dan ragu dalam berkarya. Apalagi, sebut Dr Yasar, sekarang pendidikan kita menganut konsep merdeka belajar.

“Harus berani out of the box. Keberanian dalam berkarya akan melahirkan inovasi demi inovasi yang pada akhirnya akan menjadi inspirasi untuk banyak orang,” terang Dr Yasar.

Dr Yasar mengeaskan bahwa Poltas tentu tidak mampu menyaingi UIN dibagian keunggulan yang dimiliki UIN, tapi Poltas yakin akan mampu unggul dibidangnya. Jika keunggulan masing-masing ini dapat dipadu padankan dalam sebuah kerja sama yang baik tentu akan menghasil kebajikan yang lebih besar untuk keduanya bahkan untuk daerah dan nasional.

“Poltas dan Prodi Fisika UIN ini telah menjajaki peluang kerja sama sejak tiga bulan terakhir. Moment ini juga dimanfaat untuk merealisasikan kerja sama yang lebih inten. Kedepan keduanya mencoba melirik peluang pengembangan teknologi inovasi dibidang energi terbarukan. Semoga segera terwujud,” tutup Dr Yasar. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *