Kam. Des 2nd, 2021
Ujian Madrasah di MTsN 1 Kota Subulussalam Berbasis Android

ACEHSIANA.COM, Subulussalam – Ujian Madrasah (UM) di MTsN 1 Kota Subulussalam tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan berbasis Android. Hal itu sebagaimana rilis yang diterima acehsiana.com pada Senin (22/3). Ratusan siswa selama enam hari ke depan akan mengikuti UM dengan membawa HP masing-masing dan mengkoneksikan dengan jaringan WiFi yang dimiliki madrasah.

Ketua panitia UM, Hadiar SPdI menjelaskan bahwa ujian berbasis android bukan kali ini saja dilakukan. Ujian semacam ini sudah kerap dilakukan mengingat efisiensinya yang tinggi.

“Ujian dengan android ini tentu menghemat biaya dan waktu baik guru maupun madrasah dalam mengelola hasil ujian. Kami memanfaatkan fitur CBT yang dimiliki e-learning madrasah. E-learning ini akan memudahkan dalam pelaksanaan dan pemerosesan hasil ujian. Guru mata pelajaran akan segera mendapat hasil ujian dan menentukan tindak lanjutnya,” ujar Hadiar.

Dikatakan Hadiar, sebelum pelaksanaan ujian, jauh hari guru-guru telah dibekali cara penggunaan dan penguploadan soal ke e-learning. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan penerapan e-learning.

Guru MTsN 1 Kota Subulussalam, Candra Sihotang MPd, menerangkan bahwa madrasah tersebut kini bergerak menjadi madrasah berbasis teknologi. Guru-guru dan siswa akan lebih dekat dengan teknologi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses pembelajaran.

“Saya sedang mengembangkan pembelajaran blended learning dengan memanfaatkan e-learning madrasah. Pengembangan ini merupakan penelitian disertasi terkait penerapa e-learning madrasah yang memiliki fitur-fitur pendukung dalam pembelajaran. Selain memanfaatkan e-learning madrasah dalam ujian, e-learning ini dapat difungsikan dengan maksimal dalam pembelajaran bauran. Pembelajaran akan lebih menarik bila pembelajaran tatap muka dicampur dengan pembelajaran online,” tutur Candra yang juga sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Subuluusalam itu.

Kepala MTsN 1 Subulussalam, Kamaruddin SAg MM berkomitmen dan mendukung terus kemajuan MTsN 1 Kota Subulussalam menuju madrasah unggul berbasis digital. Ia berharap satu persatu sarana pendukung akan dilengkapi seperti pengadaan komputer dan peningkatan keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi melalui MGMP madrasah yang kini telah digiatkan. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *