Kam. Jun 24th, 2021

Aceh diana. Com – BLANGPIDIE – Aceh Barat Daya (Abdya) mencatatkan prestasi membanggakan tahun ini. Sebanyak 201 siswa kelas III dari SMA/SMK daerah itu berhasil lolos ke PTN melalui jalur SNMPTN. Jumlah itu meningkat drastis dibanding tahun lalu sebanyak 170 orang.

Peningkatan kelulusan yang sangat spektakuler diraih para siswa SMAN 6 Abdya. Betapa tidak, sekolah reguler yang beralamat di Cotmanee Kecamatan Jeumpa itu berhasil mengantarkan 30 siswanya diterima di PTN.
Menurut keterangan Kepala SMAN 6 Abu Bakar S.Pd, tahun lalu, tidak satu pun anaknya terjaring ke PTN lewat formasi SNMPTN. “Alhamdulillah berkat doa dan kerja keras semua guru dan warga sekolah tahun ini telah membuahkan hasil,” ujarnya saat ditemui di Cabang Dinas wilayah Abdya, Selasa (23/3/2021).
Pak Abu — sapaan kepsek ini — baru sekitar satu tahun lebih memimpin sekolah itu. Sebelumnya dia bertugas sebagai kepala SMAN 5 di Tangan-tangan. Karena itu, dia menyampaikan terima kasih kepada dewan guru, pengawas sekolah, dan komite sekolah atas dukungan dan perhatian yang telah diberikan untuk kemajuan sekolah.
Tidak hanya SMAN 6, sekolah-sekolah lain juga memperlihatkan prestasi. Berdasarkan data di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya, tingkat kelulusan siswa daerah itu ke PTN melalui jalur SNMPTN mengalami peningkatan drastis selama tiga tahun terakhir.
Jumlah siswa yang lolos SMA/SMK Abdya yang lolos SNMPTN pada tahun 2019 sebanyak 130 orang. Pada 2020 meningkat jadi 170 siswa, dan pada 2021 meningkat lagi jadi 201 siswa.
Dari 21 SMA/SMK/SLB di Abdya, hanya satu sekolah yang belum melaporkan kelulusan siswanya ke PTN, yaitu SMAS Babul Istiqamah. Selain itu, SMKN 2 juga tidak memiliki siswa yang lolos ke PTN.
Berikut data kelulusan siswa SMA/SMK:
SMAN 1: 35 siswa
SMAN 2: 30 siswa
SMAN 6: 30 siswa
SMKN 1: 20 siswa
SMAN 5: 16 siswa
SMAN 7: 11 siswa
SMAN Unggul Tunas Bangsa: 10 siswa
SMAN Unggul Harapan Persada: 9 siswa
SMAN 10: 9 siswa
SMAN 3: 8 siswa
SMAN 9: 6 siswa
SMAN 4: 5 siswa
SMAN 11: 5 siswa
SMAN 8 dan SMKN 5 masing-masing 2 siswa
SMA Jabal Nur Jadid, SMKN 3, dan SMKN 4 masing-masing 1 siswa.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *