Rab. Mei 12th, 2021

Dalam rangka menyukseskan program Adiwiyata (Penghijauan Lingkungan Sekolah), SMP Negeri 5 Sabang berserta tokoh masyarakat setempat melakukan kegiatan penanaman pohon bersama, Sabtu (6/3/2021) bertempat dipinggir Danau Aneuk Laut, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Dalam kegiatan ini turut hadir Keucik Gampong Aneuk Laot, Panglima Danau Aneuk Laot, Kepsek SMP Negeri 5 Sabang, guru dan siswa SMP Negeri 5 Sabang, serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Jenis pohon yang ditanam antara lain cempaka kuning, cempaka putih, palem, cemara, melati, melur cina, seulaga, pucuk merah, dan teh-tehan kuning. Tumbuhan ini sebahagian besar merupakan sumbangan dari Panglima Danau Aneuk Laot.

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Kepala SMPN 5 Sabang, Panglima Danau Aneuk Laot, Keucik Gampong Aneuk Laot, Waka SMPN 5 Sabang, Guru SMPN 5 Sabang, dan OSIS SMPN 5 Sabang, kemudian dilanjutkan oleh semua peserta yang hadir.

Kepala SMP Negeri 5 Sabang Azizah, S. Pd dalam kata sambutanya mengatakan, bahwa penanaman pohon ini selain bentuk belajar kepedulian siswa terhadap penghijauan dan kelestarian alam, juga bentuk wujut kesyukuran kita kepada Allah swt.

“Penanaman pohon ini adalah sebagai bentuk kesyukuran kita kepada Allah swt yang telah memberikan nikmatnya kepada kita. Dengan penanaman pohon ini berarti kita ikut melestarikan alam disekitar kita. Selain menanam kita juga harus menjaga pohon yang sudah kita tanam dan pohon lain yang tumbuh disekitar Danau Aneuk Laot ini”, Jelasnya.

Azizah juga memerintahkan untuk menindak lanjuti kegiatan ini dengan melakukan penyiraman setiap hari oleh penjaga taman SMPN 5 Sabang dan dikunjungi setiap Sabtu oleh perwakilan guru dan siswa untuk membersihkan taman dan memastikan tumbuhan yang ditanam bisa hidup dengan baik.

Sementara itu Panglima Danau Gampong Aneuk Laot Tengku Sulaiman berharap agar Siswa-Siswi SMP Negeri 5 Sabang ikut andil menjaga kelestarian Danau Aneuk Laot.

“Danau Aneuk Laot ini adalah salah satu sumber air untuk masyarakat Kota Sabang. Dengan itu saya menaruh harapan besar kepada adik-adik yang sekolahnya bertetangga dengan danau ini untuk ikut menjaga kelestarian danau anak laut. Apabila alam di sekitar danau ini rusak, maka tidak tertutup kemungkinan air danau ini akan rusak juga. volume airnya bisa berkurang dan tercemar”, Pintanya.

Dilain kesempatan Keucik Gampong Aneuk Laot Armia Ali, kepada Acehsiana.com mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh keluarga besar SMP Negeri 5 Sabang ini.

“Saya menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Keluarga Besar SMP Negeri 5 Sabang yang telah ikut andil dan peduli terhadap kelestarian Danau Aneuk Laot.

Saya berharap Siswa-siswi SMP Negeri 5 Sabang sebagai generasi penerus harus tetap menjaga kepastian Keselamatan dan kelestarian Danau Anak Laut sampai masa yang akan datang”, Tutup nya!

Laporan: Enzuharisman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *