Sen. Jun 21st, 2021

Acehsiana.com – Jakarta – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 akan dibuka besok, Senin, 15 Februari 2021 hingga 24 Februari 2021.

Untuk mendaftar, calon mahasiswa yang sudah memiliki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), akunnya sudah permanen, termasuk yang dinyatakan eligible` oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap harus memperhatikan tahapan pendaftaran.

Pertama,siswa melakukan login di portal LTMPT dengan memasukan email dan password yang didaftarkan. Jika memenuhi syarat mendaftar SNMPTN, akan muncul tampilan login. Jika tidak memenuhi syarat, akan muncul pesan “Mohon maaf, anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021”.

Kedua, siswa mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman Profil. Setelah selesai mengisi, klik tombol Simpan. Jika berhasil akan muncul notifikasi: Berhasil Menyimpan Kelengkapan Data.

Ketiga, siswa mengisi pilihan prodi (program studi) pada halaman Pilihan. Pilih salah satu Perguruan Tinggi Negeri atau Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan. Setelah itu muncul daftar prodi yang bisa dipilih. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau 2 PTN/Politeknik Negeri.
Jika memilih dua prodi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu prodi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju). Jika sudah memilih prodi, klik Simpan Semua Pilihan.

Keempat, siswa mengisi portofolio pada halaman Portofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika tidak disyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman tersebut tidak perlu diisi.

Kelima, siswa mengisi prestasi pada halaman Prestasi. Isian di halaman tersebut tidak wajib ada. Namun, siswa dipersilakan mengisi prestasi sesuai bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan masing-masing pilihan di kolomnya.

Keenam, siswa melakukan finalisasi pada halaman Finalisasi jika semua isian data sudah diyakini benar.

Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
Jika sudah yakin benar, berikan ceklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi”. Kemudian pilih finalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan. Jika sudah yakin benar, tampilah halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu dinalisasi yang sudah dilakukan.

Ketujuh, siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Kartu registrasi yang diunduh adalah kartu untuk pendaftaran SNMPTN.

Setelah mengunduh, maka tahapan pendaftaran SNMPTN oleh siswa telah selesai. Hasil SNMPTN 2021 akan diumumkan pada 22 Maret 2021.(*)

Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *