Rab. Jul 6th, 2022

Acehsiana.com – Aceh Besar – SMK-PP Negeri Saree terus melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia pada bidang pertanian, maka untuk tercapainya tujuan tersebut dilakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder, termasuk dengan Aceh Australian Alumni (AAA).

Perjanjian kerjasama dengan AAA ini dituangkan dalam Nota Kerjasama (MoU) yang ditandatangani oleh Muhammad Amin, SP.,MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree dan Dr. Syaifullah Muhammad, S.T., M.Eng selaku Ketua Aceh Australian Alumni (AAA) di Aula sekolah pada Sabtu (23/01/2021).

Menurut Muhammad Amin melalui realese yang dikirimkan ke media ini mengatakan, kerjasama ini dilaksanakan dengan tujuan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam upaya memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian khususnya pada bidang pendidikan vokasi pertanian.

Lanjutnya, dimana secara garis besar kerjasama ini akan dilaksanakan dalam lingkup pengembangan keilmuan dan peningkatan keahlian sumber daya manusia di SMK PP N Saree pada bidang penelitian, pengabdian masyarakat, pendidikan dan pelatihan serta pengembangan bidang pendidikan vokasi pertanian.

“Sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU ini, langkah awal langsung dilaksanakan kegiatan Guest Teacher dan Public Lecture Series bagi guru dan siswa, salah satu materi yang diberikan adalah tentang kiat sukses melanjutkan pendidikan ke Australia”, terang Muhammad Amin.

Lebih lanjut Ketua MKKS SMK Aceh Besar ini, mengatakan pihaknya menyambut dengan baik MoU dengan AAA.

“Ini merupakan moment penting, karena pengembangan sekolah sangat membutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak dan bidang ilmu. Lebih – lebih sekarang SMK-PP Negeri Saree masuk dalam skema revitalisasi SMK melalui program Center of Excelent (COE) atau Pusat Keunggulan (PK) yang merupakan program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan SMK”, terang Muhammad Amin.

Sementara itu, Syaifullah selaku ketua AAA menyampaikan, pihaknya maupun SMK-PP Negeri Saree harus dapat memanfaatkan peluang dan momentum ini, dimana kita harus memanfaatkan semua sumber daya alam dan manusia yang ada disekitar kita dalam menjalankan kegiatan kewirausahaan ini.

“Bidang pertanian punya posisi khusus dalam dunia kewirausahaan, karena dunia pertanian masih menjadi primadona, sebab masih melimpahnya sumber daya alam yang bias dijadikan program Kewirausahaan”, pungkas Syaifullah

Hadir dalam kegiatan penandatangan MoU tersebut dan kegiatan Guest Teacher ini, dari pihak Aceh Australian Alumni yaitu Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc yang kebetulan juga sebagai Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah, Inas Ghina, M.Appling, Dr. Kismullah, Dr. Zulfadli, Muslem Amiren, M.InfoTech, Frida (Founder Frida SkinCare), dr. Cut Risya Firlana (AIYEP), Nurul Husna Salahudin (AIYEP), Bahlina, Friesca Erwan, dan Dr. Cut Dewi.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bantuan bibit berbagai jenis tanaman hasil pembibitan/budidaya oleh siswa SMK-PP Negeri Saree. Bantuan bibit ini diserahkan oleh Muhammad Amin kepada Syaifullah Muhammad untuk dibagikan kepada para pihak saat AAA melaksanakan pengabdian masyarakat lainnya.

Editor : Fitriadi Mahmud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *