Ming. Okt 17th, 2021
Siswanya Lolos Ajang SAAK, Kepala SMKN Penerbangan Aceh Sebut Sebagai Keberhasilan Bersama

ACEHSIANA.COM, Aceh Besar – Siswa SMKN Penerbangan Aceh, M Taufiq Al Ihsan lolos ajang nasional Saya Anak Anti Korupsi (SAAK). Kepala SMKN Penerbangan, Baihaqi SPd MPd menyebutkan bahwa prestasi tersebut sebagai keberhasilan bersama. Hal itu disampaikan Baihaqi kepada acehsiana.com pada Jumat (14/1) di Aceh Besar.

Menurut Baihaqi, SAAK diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Seleksi SAAK berlangsung pada tanggal 7 – 31 Desember 2020 secara virtual dalam beberapa tahapan.

“Tahap pertama adalah pelaksanaan workshop mulai tanggal 7-11 Desember 2020. Selanjutnya proses penyusunan proposal inovasi program antikorupsi pada tanggal 12-19 Desember 2020. Tujuan ajang ini adalah untuk membangun budaya anti korupsi dan membentuk agen perubahan di kalangan siswa,” ujar Baihaqi.

Dikatakan Baihaqi bahwa jika kedua tahapan tersebut berhasil dilalui, maka panitia akan memilih proposal inovasi program anti korupsi untuk diwawancarai. Proses wawancara, tambah Baihaqi, merupakan tahapan akhir untuk menentukan para finalis mewakili provinsi masing-masing.

“Alhamdulillah siswa kita berhasil lolos dari semua tahap seleksi. Siswa kita berhak mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional dan akan diundang ke Jakarta dalam pertemuan dengan agen antikorupsi seluruh Indonesia. Jadwalnya masih menunggu informasi dari panitia,” tutur Baihaqi.

Baihaqi mengaku sangat gembira dengan prestasi yang diraih oleh siswanya. Baihaqi menyebutkan bahwa prestasi tersebut merupakan keberhasilan bersama warga SMKN Penerbangan.

“Meskipun sedang menghadapi pandemi Covid-19, tetapi tidak meyurutkan semangat dan motivasi siswa kita untuk terus berprestasi,” kata Baihaqi.

Baihaqi yang juga ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Aceh tersebut menuturkan bahwa kegiatan pembentukan agen SAAK merupakan program yang luar biasa. Melalui ajang ini, pungkas Baihaqi, dapat terbentuk karakter siswa sejak dini untuk menjauhi tindakan-tindakan yang menjurus kepada tindakan korupsi.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM melalui Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Azizah SPd MPd memberikan apresiasi terhadap usaha yang dilaksanakan oleh warga SMKN Penerbangan Aceh sehingga tercapai prestasi tersebut.

“Selamat kepada Ananda M Taufik Al Ihsan yang akan mewakili Provinsi Aceh di ajang nasional. Selamat juga kepada kepala sekolah serta guru pembimbing,” ungkap Azizah.

Azizah mengharapkan agar ajang tersebut dapat melahirkan generasi yang jujur, loyal, serta berdedikasi tinggi ketika bekerja di industri maupun mandiri.

“Prestasi yang dicapai ini agar menjadi motivasi bagi siswa-siswa lain di Aceh untuk terus berkarya dan berprestasi di tingkat nasional maupun Internasional sesuai dengan motto SMK Bisa, SMK Hebat”, tutu Azizah.

Kontributor: Fitriadi

Editor : Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *