Jum. Jul 30th, 2021
Gelar Raker, SMAN 7 Lhokseumawe Hasilkan Program Kerja Aspiratif dan Partisipatif

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – SMAN 7 Lhokseumawe menggelar rapat kerja (raker) yang menghasilkan program kerja tahun 2021 yang aspiratif dan partisipatif. Raker tersebut diikuti oleh seluruh warga sekolah pada tanggal 22 – 23 Desember 2020 di Gedung SMAN 7 Lhokseumawe.

Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Drs Mukhtaruddin MPd dalam sambutannya menjelaskan bahwa melalui raker tersebut diharapkan menghasilkan visi dan misi revisi, Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) yang aspiratif dan partisipatif.

“Raker ini kita libatkan semua warga sekolah termasuk pengawas pembina dan komite sekolah. Dengan demikian program kerja merupakan usulan dari seluruh warga sekolah yang sesuai dengan kebutuhan,” ujar Mukhtaruddin.

Pengawas Pembina SMAN 7 Lhokseumawe, T Indra Jaya, saat membuka raker mengaskan bahwa merumuskan kembali visi dan misi sekolah perlu melibatkan semua stake holder.

“Penyusunan RKJM, RKT, RKS/RKAS harus melihat rapor penjaminan mutu pendidikan (PMP), evaluasi diri sekolah (EDS), dan evaluasi mutu internal sekolah (EMIS).

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 7 Lhokseumawe, Jon Darmawan SPd MPd sekaligus Ketua Panitia menerangkan bahwa penyusunan visi dan misi, RKJM, RKT, RKS/RKAS SMAN 7 Lhokseumawe berpedoman pada rapor mutu PMP. Rapor mutu tersebut, tambah Darmawan, merupakan kondisi ril sekolah yang diisi oleh guru dan tenaga kependidikan.

“Alur penyusunan program kerja dimulai dengan menganalisis rapor mutu PMP. Indikator mutu tersebut dianalisis sesuai kondisi sekolah saat ini. Selanjutnya dilakukan Analisis SWOT sehingga menghasilkan rekomendasi yang dapat dilaksanakan pihak sekolah,” ujar Darmawan.

Dikatakan Darmawan bahwa dirumuskan dalam bentuk program kegiatan yang akan dilakukan sekolah pada tahun 2021 sampai dengan 2024. Program tersebut, pungkas Darmawan, dituangkan dalam RKS/RKAS setelah melewati pleno.

Pantauan acehsiana.com, raker SMAN 7 Lhokseumawe dihadiri oleh seluruh warga sekolah, Pengawas Pembina, Komite Sekolah, dan Geuchik Batuphat Timur. (*)

Editor: Ami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *