Rab. Okt 27th, 2021
Delapan Guru Aceh Ikut Simposium Nasional Gardaku

ACEHSIANA.COM, Banten – Sebanyak 8 (delapan) guru Aceh terpilih sebagai peserta simposium nasional Guru Terdepan Menulis Buku Pendidikan (Gardaku). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada tanggal 21 – 23 Desember 2020 di Villa My Pisita Anyer Resort, Banten.

Penanggungjawab Satu Guru Satu Buku (Sagusaku IGI), Nurbadriyah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Provinsi di Indonesia. Aceh diwakili oleh 8 orang peserta terdiri dari satu orang Pengawas SD Disdikbud Kota Lhokseumawe (Syamsiah Ismail, M.Pd.), Sekretaris IGI Lhokseumawe Dr (C) Didi Pianda, ST., MSM., (Mursyidah, S.Pd.) Guru SMPN 8 Bandar Baru, (Shafawati, S.Pd.) Guru SDN 8 Meureudu, (Rahmadani, S.Pd.) Kepsek SDN 6 Meureudu, (Siti Hawa, S.Pd) Kepala SDN 4 Meurudu, (Muhammadiah, M.Pd) Kepala SMAN 2 Meureudu dan (Asnawi, M.Pd) Kepala SMPIT Darul Mutaqin Pidie Jaya. Mereka terpilih setelah menghasilkan buku yang berlogo IGI dan SAGUSAKU serta aktif sebagai penggerak literasi di Kabupaten/Kota masing-masing.

“Ini adalah sebagai program Nasional setiap tahunnya. Dalam hal ini menghasilkan buku digital yang isinya buku Pelajaran Bidang Studi dan Antologi Praktek Baik (Best Practice) yang isinya behubungan dengan teknologi menghadapi tantangan revolusi 4.0 (Cyber),” ujar Nurbadriyah.

Dikatakan Nurbadriyah bahwa peserta yang terpilih akan mendapatkan penghargaan dengan 3 predikat yaitu Writer, Writer+Coach dan Best Writer+Coach.

Kepala Dinas Pendidikan Banten melalui Kabid GTK, Ismail mengatakan bahwa, sangat penting bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi.

Tidak hanya di bidang belajar dan mengajar saja melainkan literasi dalam hal ini menulis. Menghasilkan karya tulis sendiri nantinya akan menjadi efek domino yang digunakan oleh guru dan anak didik se-Indonesia,” sebut Ismail.

Pada kesempatan tersebut, tambah Nurbadriyah, juga diluncurkan buku ketua umum IGI Muhammad Ramli Rahim (MRR) dengan Judul “Strategi MRR Mengubah Wajah Pendidikan Indonesia Melalui IGI”.

“Terselenggaranya kegiatan tersebut berkat kerja sama para Igier dengan dana mandiri. Gubernur DKI Jakata, Anies Baswedan sangat mendukung dengan mencetak 2000 buku,” kata Nurbadriyah.

Lebih lanjut Nurbadriyah menuturkan bahwa pada Februari 2021 direncanakan temu penulis serta peluncuran buku karya guru hebat Indonesia di Jakarta. Kegiatan tersebut akan dihadiri 2000 penulis se-Indonesia yang kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta, Kemdikbud, dan Perpustakaan Nasional. (*)

Editor: Damawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *