Sab. Sep 25th, 2021

Acehsiana.com – Sabang – Menjelang pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang akan di mulai pada Tahun 2021, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Sabang telah menyelenggarakan Sosialisasi AN kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua MGMP, Pengawas dan Seluruh Guru PNS dan Non PNS di Wilayah Cabdin Kota Sabang Kamis, 17/12/2020 di aula SMAN 1 Sabang.

Dikarenakan saat ini masih situasi Pandemi Covid-19, maka Sosialisasi di laksanakan dengan duduk menjaga jarak agar peserta sosialisasi tidak terlalu berkerumun, cuci tangan dan tes suhu tubuh sebelum masuk ke ruangan sebuah kewajiban kata Suriadi selalu panitia pelaksana kegiatan.

Suriadi melaporkan, Kegiatan yang dipusatkan di SMAN 1 Sabang dengan Peserta adalah Kepala Sekolah, Waka, Ketua MGMP, seruruh guru dan pengawas sekolah Jenjang SMA-SMK se- Kota Sabang. Dengan rincian SMAN 1 Sabang 65 orang, SMAN 2 Sabang 45 orang, SMA Al Mujadid 10 orang, SMK 30 orang, SLB 5 orang dan Pengawas sekolah 3 orang.

Kegiatan yang buka oleh kepala cabang dinas pendidikan wilayah kota Sabang Abdul Hamid SPd MPd “Asesmen Nasional ini bukan penganti Ujian Nasional dan kedua kegiatan ini sangat berbeda perlakuan dan pelaksanaan baik konten maupun tujuannya” kata Hamid

Lebih lanjut jelas Hamid, ujian nasional dilaksanakan bagi siswa kelas VI SD, kelas IX SMP dan kelas XII SMA dan hasil UN menentukan kelulusan siswa. Materi tes UN adalah mata pelajaran tertentu sebagai patokan kelulusan siswa.

Sedangkan Asesmen Nasional diperuntukkan kepada siswa kelas V SD, kelas VIII SMP dan kelas XI SMA dengan tiga kategori yaitu Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), Survei Karakter dan survei Lingkungan belajar. Pada ranah AKM yang dilihat kemampuan Literasi membaca dan literasi numerasi. Hal ini bertujuan untuk melahirkan insan Pancasilais yang taat beragama dan berkarakter.

Asesmen Nasional ini diikuti hanya 45 siswa kelas XI sebagai perwakilan yang dipilih secara acak oleh komputer dari Dapodik. Selain siswa perwakilan diwajibkan semua kepala sekolah dan guru baik PNS atau Non PNS untuk ikut survey lingkungan belajar jelas Hamid dalam arahannya.

Adapun materi yang disampaikan oleh para narasumber yaitu Bapak Jhon Abdi selalu IN yang membidangi AN , Abdul Hamid SPd MPd ( kacabdin kota Sabang) Suriadi SPd MA ( Kepala SMAN 2 Sabang) yang sebelumnya sudah mendapat pembekalan sosialisasi langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada pertengahan bulan Nopember di Bandung – Jawa Barat.

Adapun materi sosialisi adalah
Kebijakan Ujian Nasional dan AKM oleh BSNP.

  1. Kebijakan Ujian Nasional sampai saat ini masih dalam posisi “dibekukan” melalui SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.
  2. Tugas BSNP untuk mengatur UN mencegah terbentuknya kebijakan baru ujian nasional.
  3. Asesmen nasional yang sedang dirancang lebih merupakan evaluasi dari Pemerintah untuk menilai kualitas pendidikan di satuan pendidikan yang bertujuan perbaikan dan peningkatan kualitas peserta didik secara berkelanjutan.(h)

Kontributor Sabang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *