Jum. Jul 30th, 2021

Acehsiana.com – Sabang – Dalam rangka membentuk karakter dan hukum bagi generasi muda yang tangguh, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Kegiatan tersebut, dilakukan oleh Kejati Aceh, agar siswa-siswi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dapat memahami hukum sejak dini mereka duduk di bangku sekolah.

Tim Kejati Aceh pada hari Selasa, 15 Desember 2020 hadir di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kota Sabang untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan materi pemahaman hukum bagi siswa-siswi SMA dan SMK yang bernaung di bawah Cabdin Kota Sabang.

Sasaran Jaksa Masuk Sekolah (JMS) supaya ilmu hukum sudah tertanam sejak di bangku sekolah. Pemateri pemahaman hukum itu sendiri terdiri dari Kasi Penerangan Hukum H Munawal Hadi, SH, MH, Kasubsi Penkum Kejati Aceh Siara Nedy, SH dan Satgas Intelijen Kejati Aceh Novid Irwansyah, SH.

Kasi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) H Munawal Hadi., SH, MH kepada media, mengatakan bahwa Republik Indonesia merupakan negara hukum, maka setiap orang wajib mentaati hukum dan tentunya haram dilanggarnya.

Jadi, dalam penerapannya perlu dilakukan upaya-upaya mulai dari usia sekolah agar, penanaman ilmu hukum sudah tumbuh bagi generasi muda sejak dari bangku belajar sehingga, diharapkan dapat menjadi pesan-pesan hukum dilingkungan keluarga dan masyarakat sekitar.

“Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah tujuannya adalah supaya generasi muda masa kini memahami hukum sejak dini sebagai upaya membentuk karakter dan kesadaran hukum bagi siswa SMA dan SMK, dengan harapan dapat menjadi benih pelaku dan pelopor kesadaran hukum dilingkungan masyarakat”, kata H Munawal Hadi, SH, MH.

H Munawal Hadi, SH, MH menjelaskan, pelaksanaan Jaksa Masuk Sekolah untuk memberi pemahaman hukum sejak dini bagi siswa-siswi tingkat SMA sederajat, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pendidikan Aceh dengan Kejaksaan Tinggi Aceh. Sasarannya, agar kaula muda di zaman melineal ini mau mengerti bahwa betapa pentingnya hukum itu.

Program Jaksa Masuk Sekolah ini merupakan hasil kerjasama Dinas Pendidikan Aceh dengan Kejaksaan Tinggi Aceh, dalam rangka menyahuti program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa, khususnya bidang ilmu hukum dilingkungan sekolah”, jelas H Munawal Hadi, SH, MH.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Kota Sabang Abdul Hamid, S.Pd, M.Pd menyambut baik pelaksanaan kegiatan Kejati Aceh dalam program Jaksa Masuk Sekolah. Dimana siswa SMA, SMK harus memahami ilmu hukum sebagai salah satu pelajaran penting dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya pikir ini merupakan kegiatan yang sangat mulia dan penuh arti bagi siswa SMA dan SMK yang ada di Kota Sabang, dengan adanya Jaksa Masuk Sekolah maka, anak-anak sudah ada dasar ilmu hukum yang tertanam dalam dirinya”, ungkap Kacabdin Abdul Hamid, S.Pd, M.Pd.(*).

Sumber: www.adjehdaily.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *