Jum. Okt 22nd, 2021
Pandemi Covid-19, SMAN 7 Lhokseumawe Gelar Ujian Online

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang melanda dunia dan Indonesia menyebabkan pelaksanaan ujian atau Penilaian Akhir Semester (PAS) secara luring menjadi terkendala. SMAN 7 Lhokseumawe melaksanakan PAS tahun 2020 secara online menggunakan platform Microsoft Office 365. PAS SMAN 7 Lhokseumawe berlangsung pada tanggal 7 – 14 Desember 2020.

Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Drs Mukhtaruddin MPd melalui Waka Kurikulum, Jon Darmawan SPd MPd menjelaskan bahwa pelaksanaan PAS secara online dilakukan guna memudahkan siswa. Siswa, tambah Darmawan, tidak mesti harus datang ke sekolah untuk ikut PAS.

“Pelaksanaan PAS kita buat online mengingat proses pembelajaran selama semester ini juga berlangsung secara online atau daring. Jadi, karena pembelajaran berlangsung secara daring maka sudah semestinya ujian juga berlangsung secara daring,” ujar Darmawan.

Dikatakan Darmawan bahwa platform yang digunakan merupakan platform Microsoft Office 365. SMAN 7 Lhokseumawe, lanjut Darmawan, sudah memiliki akun Microsoft Office 365 bagi setiap guru dan siswa yang dideploy melalui website sekolah.

“Akun Microsoft Office 365 yang kita gunakan selama pembelajaran daring inilah yang kita manfaatkan untuk PAS secara daring. Dengan demikian siswa dapat mengikuti PAS dimana saja asal memiliki jaringan internet,” terang Darmawan yang juga Ketua Ikatan Guru Indoensia (IGI) Kota Lhokseumawe itu.

Lebih lanjut Darmawan menuturkan bahwa siswa mengikuti PAS sesuai dengan roster yang sudah dibagikan. Meskipun guru sudah membagikan link ujian lebih awal, tutup Darmawan, siswa hanya dapat mengakses soal ujian tersebut pada waktu yang sudah ditentukan sesuai roster ujian.

“Hampir semua siswa SMAN 7 Lhokseumawe memiliki perangkat untuk mengikuti PAS online. Beberapa siswa yang memang tidak memiliki perangkat untuk ikut PAS, mereka kita sediakan tempat di laboratorium komputer SMAN 7 Lhokseumawe,” tutup Darmawan yang juga trainer Microsoft Office 365 tersebut.

Pantauan acehsiana.com pada hari pertama, siswa yang tidak memiliki perangkat mengikuti PAS online di laboratorium komputer sekolah tersebut. Adapun pelajaran pada hari pertama adalah Matematika Wajib dan Bahasa Indonesia. Siswa mengikuti PAS dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. (*)

Editor: Ami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *