Sab. Sep 25th, 2021
Hari Disabilitas Internasional, Siswa SLBN Aceh Jaya Terima Bantuan Belajar

ACEHSIANA.COM, Calang – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), siswa SLBN Aceh Jaya menerima bantuan belajar. Bantuan dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tersebut diserahkan oleh Kepala SLBN Aceh Jaya, Maswadi SPd kepada para siswa pada Kamis (3/12) di Calang.

Peringatan HDI di SLBN Aceh Jaya diawali dengan pemotongan tumpeng oleh para tamu undangan dan diberikan kepada para siswa. Sebagai ungkapan terima kasih atas pemberian tumpeng, para siswa disabilitas tersebut memberikan setangkai bunga cantik kepada para tamu. Pada tangkai bunga tertulis ucapan Selamat Hari Disabilitas Internasional, Kekuranganku adalah Kelebihanku.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya yang diwakili oleh Kasubag TU Tarmizi SPd MPd menyampaikan apresiasi atas kesuksesan kegiatan HDI yang diprakarsai oleh SLBN Aceh Jaya.

“Dinas Pendidikan Aceh akan terus berusaha untuk memajukan pendidikan anak-anak disabilitas di SLBN Aceh Jaya. Anak-anak disabilitas juga punya potensi untuk berprestasi. Kita berharap semua pihak dapat bersinergi untuk membantu mereka,” ujar Tarmizi.

Kepala Dinas Sosial Aceh Jaya yang diwakili oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial D Arjuna Rimbawan Putra ST menyampaikan komitmennya untuk melakukan berbagai program agar penyandang disabilitas mendapatkan perhatian khusus.

“Dinas Sosial akan selalu membantu agar para penyandang disabilitas di Aceh Jaya mendapat kesempatan yang sama, baik dalam pendidikan maupun dalam bidang perlindungan jaminan sosial. Bagaimanapun penyandang disabilitas bukan pembatas,” ungkap Arjuna.

Kepala SLB Negeri Aceh Jaya, Maswadi SPd menjelaskan bahwa dalam rangka memperingati HDI, pihaknya menggelar beberapa rangkaian acara. Diantaranya, tambah Maswadi, adalah lomba Azan, Mewarnai, lempar bola dan kupas telur.

“Kita juga menyerahkan bantuan belajar untuk semua siswa berupa pakaian seragam, tas ,sepatu, botol minuman dan peralatan kesehatan yang bersumber dari Direktorat Jenderal Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayan anggaran tahun 2020,” kata Maswadi.

Dikatakan Maswadi bahwa SLBN Aceh Jaya juga menerima 1 unit kursi roda yang diserahkan oleh Dinas Sosial Aceh Jaya. Selain itu, pungkas Maswadi, Dinas Kesehatan juga menyerahkan bingkisan untuk siswa SLBN Aceh Jaya.

Kegiatan HDI di SLBN Aceh Jaya turut dihadiri Koordinator Pengawas Abdul Muthalib SPd, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh Jaya Zulfahmi SE, Pengurus LSM Kita Peduli Ellis Panjaitan SHt, staf dari Dinas Kesehatan Aceh Jaya, komite sekolah dan para orang tua atau wali siswa. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *