Sel. Nov 30th, 2021
Disdik Aceh Gelar Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK, Ini Para Juaranya

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang SMK tahun 2020. Kegiatan tersebut berlangsung secara daring dan luring pada tanggal 24 November 2020 sampai dengan 2 Desember 2020. Kegiatan luring berlangsung di Banda Aceh untuk menentukan para juara FLS.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA saat membuka kegiatan menjelaskan bahwa FLS tersebut seharusnya dilaksanakan pada April 2020. Akan tetapi, lanjut Rachmat Fitri, akibat pandemi Covid-19, maka baru sekarang dapat terlaksana.

“FLS dilaksanakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan Aceh guna memotivasi dan memberikan penghargaan terhadap SMK yang sudah menjalankan budaya literasi. FLS ini kita harapkan semakin mendorong siswa SMK untuk meningkatkan kemampuan literasi dan menumbuhkan jiwa kompetisi yang sehat,” ujar Rachmat Fitri.

Dikatakan Rachmat Fitri bahwa FLS diharapkan mampu meningkatkan daya inovasi dan kreativitas siswa era disrupsi meskipun tengah menghadapi pandemi. Melalui FLS, sebut Rachmat Fitri, siswa SMK diminta semakin mampu memajukan dunia vokasi.

“Terlebih lagi salah satu cabang yang dilombakan justru mengangkat tokoh vokasi di daerah masing-masing yang sudah terbukti memajukan dunia vokasi. Dengan demikian semakin memotivasi siswa kita untuk mencintai dunia vokasi,” ungkap Rachmat Fitri.

Rachmat Fitri meminta siswa SMK agar mampu mengikuti jejak tokoh vokasi tersebut dan bahkan jika memungkinkan berhasil mengangkat kearifan lokal yang mulai redup di tengah masyarakat.

Adapun dewan juri yang menilai FLS SMK tahun 2020 merupakan Satgas Literasi Dinas Pendidikan Aceh. Terdapat 3 (tiga) bidang lomba dalam FLS SMK tahun 2020. Ketiga bidang lomba tersebut adalah Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi Nusantara, Lomba Sudut Baca Vokasi, dan Lomba Vokasi Moda Literasi Bergerak.

Rincian para juara FLS SMK tahun 2020 sebagai berikut. Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi Nusantara, juara I diraih oleh Lisma Yanti dan Nurul Ulfa dari SMKN Taman Fajar Aceh Timur, juara II diperoleh Rasyid Alfarisi dan Lisa Imelda dari SMKN 1 Aceh Barat Daya, dan juara III jatuh pada Rizki Ananda Mustafa dan Rahmat Tanoga dari SMKN 1 Karang Baru Aceh Tamiang.

Lomba Sudut Baca Vokasi, juara I jatuh pada M Rafli Al Thoriq Mustafa dan Muhammad Faisal dari SMKN 1 Karang Baru Aceh Tamiang, juara II diraih oleh Filipus Mei Tri Boy Gulo dan Avrilia Vazarani Putri dari SMKN Taman Fajar Aceh Timur, dan juara III diperoleh Muhammed Muntaza dan Alifha Meisa Zaharani dari SMKN Penerbangan Aceh.

Lomba Vokasi Moda Literasi Bergerak, juara I diperoleh Muhammad Soleh dan Maysarah dari SMK-PP N Kutacane Aceh Tenggara, juara II jatuh pada M Fahrizal dan Nurziana dari SMKN 1 Bendahara Aceh Tamiang, dan juara III diraih Sahrul Caniago dan Karna Anngelia dari SMKN 1 Takengon Aceh Tengah.

Kepada para juara diberikan uang pembinaan dan medali. Khusus juara I dikukuhkan sebagai Duta Literasi Aceh tahun 2020. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *