Rab. Okt 27th, 2021
Siswa SMAN 1 Bireuen Terpilih Sebagai Duta Sadar Hukum

ACEHSIANA.COM, Bireuen – Siswa SMAN 1 Bireuen, Chaterine Aulia Rahmah dan Harik Syah terpilih sebagai Duta Sadar Hukum mewakili Kabupaten Bireuen kategori putra dan putri. Kepastian tersebut berdasarkan pengumuman pada 30 November 2020 di aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen, T Murtadha SSos menjelaskan bahwa pemilihan Duta Sadar Hukum tersebut bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bireuen pada tanggal 29 – 30 November 2020.

“Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pemahaman dan kesadaran siswa dalam mentatati hukum. Selain itu kita harapkan siswa dapat mengimplementasikan dalam kehidupan,” ujar Murtadha.

Dikatakan Murtadha bahwa siswa harus memasyarakatkan pemahaman dan wawasan tentang hukum baik di sekolah maupun hukum. Ditambahkan bahwa secara negara dalam membangun wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme harus tertanam dalam diri generasi bangsa sejak dini.

“Sebanyak 40 siswa dari 20 SMA/SMK se-Kabupaten Bireuen bersaing secara ketat. Dihadapan para dewan juri yang berasal dari unsur Kejaksaan, peserta wajib mempertahankan idenya tentang pandangan mereka terkait Hukum. Selain itu, mereka juga harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dewan juri,” terang Murtadha.

Kasat Intel Kejaksaan Negeri Bireuen, Wisdom SH MH dalam arahannya menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bagus dilaksanakan sebagai dorongan generasi muda Aceh berpikir positif dan menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan.

“Ajang ini sangat bagus sebagai bagian dari kampanye menjauhi penyalahgunaan narkoba dikalangan siswa itu sendiri,” kata Wisdom.

Ketua panitia, Iswandi SPd menegaskan bahwa selain mendapatkan uang pembinaan masing-masing sebesar 3 juta rupiah, para juara berhak mewakili Bireuen pada kegiatan yang sama di tingkat Provinsi Aceh.

“Duta terpilih dalam waktu dekat akan mewakili Bireuen pada kegiatan yang sama di tingkat provinsi dan harapan kita mereka mampu meraih prestasi yang menggembirakan di tingkat provinsi nantinya,” pungkas Iswandi.

Adapun juara I diraih SMAN 1 Bireuen, juara II pada lomba Duta Sadar Hukum Kabupaten Bireuen diperoleh oleh SMK Negeri 2 Peusangan sedangkan juara III direbut oleh SMA Negeri 1 Samalanga. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *