Kam. Des 2nd, 2021
Guru MTsN 1 Lhokseumawe Dilatih Pembelajaran Daring Berbasis Microsoft

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Seluruh guru MTsN 1 Lhokseumawe dilatih pembelajaran dalam jaringan (daring) berbasis Microsoft Office 365 dan pemanfaatan website sekolah. Kegiatan terlaksana berkat kerjasama MTsN 1 Lhokseumawe dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe dan OLG Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 26 – 27 Oktober 2020 di Gedung MTsN 1 Lhokseumawe.

Pembelajaran daring berbasis Microsoft bagi guru MTsN 1 Lhokseumawe dilatih langsung oleh trainer Microsoft Guruinovatif, Jon Darmawan MPd yang juga ketua IGI Kota Lhokseumawe.

Kepala MTsN 1 Lhokseumawe, Herman, menjelaskan bahwa MTsN 1 Lhokseumawe bertekad untuk melakukan pembelajaran dan bahkan ujian tanpa kertas (paperless). Oleh karena itu, tambah Herman, pihaknya menggandeng IGI Kota Lhokseumawe dan OLG Indonesia guna mewujudkan hal tersebut.

“OLG Indonesia membantu membuat website MTsN 1 Lhokseumawe yang kemudian pihak IGI mendeploy akun Microsoft Office 365 via website tersebut. IGI juga kita minta untuk melatih para guru agar pemanfaatan Microsoft 365 lebih maksimal,” ujar Herman.

Dikatakan Herman, pihak IGI memiliki trainer Microsoft 365 yang sudah bersertifikat sehingga sangat tepat untuk melatih guru. Apalagi, lanjut Herman, kondisi pandemi Covid-19 sangat tepat untuk menggunakan Microsoft 365 di tengah keharusan menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ketua IGI Kota Lhokseumawe sekaligus fasilitator kegiatan mengungkapkan bahwa sudah tepat MTsN 1 Lhokseumawe menyediakan fasilitas pembelajaran daring berupa Microsoft. Sekolah, sebut Darmawan, jangan hanya meminta guru menjalankan PJJ sementara fasilitas tidak disediakan.

“Fasilitas Microsoft yang dapat dimanfaatkan guru untuk pembelajaran daring adalah Microsoft Teams sebagai kelas digital, Sway sebagai bahan ajar interaktif, dan Microsoft Form sebagai media ujian daring,” terang Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menjelaskan bahwa kelas digital Microsoft memiliki kelengkapan fasilitas daring yang dibutuhkan sekolah. Kelas ini, pungkas Darmawan, membuat pembelajaran tatap muka dalam ruang virtual sangat mudah dilakukan.

Pantauan acehsiana.com, para guru MTsN 1 Lhokseumawe sangat antusias mengikuti pelatihan pembelajaran daring berbasis Microsoft. Mereka sudah bersepakat untuk menggunakan fasilitas Microsoft untuk pembelajaran daring dan bahkan ujian online. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pengawas Sekolah, Nurmaulida. (*)

Editor: Ami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *