Sel. Nov 30th, 2021

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Sebanyak 300 peserta mengikuti workshop virtual “Penyederhaan RPP Sesuai Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 14 Tahun 2019 Bagi Guru SD” yang dilaksanakan kerjasama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Selatan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Selatan, Sabtu (10/10/2020).

Ketua panitia workshop virtual, Yusnadiwan dalam laporannya menyampaikan, sebanyak 300 peserta 80 persennya diikuti guru, kepala sekolah dan pengawas jenjang SD dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan dan 20 persennya diikuti peserta dari Subulussalam, Aceh Barat Daya dan Nagan Raya.

“Workshop virtual ini turut hadir Ketua IGI Wilayah Aceh memberikan sambutannya melalui virtual dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan dengan pemateri dari provinsi” kata Yusnadiwan.

Dikatakannya, kegiatan ini dipusatkan di SD Negeri 1 Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur sekaligus peresmian laboratorium komputer pada SD Negeri 1 Kluet Timur yang diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan.

“Kegiatan workshop virtual selama empat hari dimulai pada hari ini tanggal 10 Oktober sedangkan dari tanggal 11 sampai 13 Oktober 2020 dilakukan bimbingan melalui group Whatsapp ole instruktur nasional yang juga guru berprestasi tingkat nasional, Ida Elva MPd guru yang bertugas pada SD Negeri 67 Percontohan Banda Aceh,” ujar Yusnadiwan.

Secara terpisah Ketua IGI Wilayah Aceh, Imran Lahore yang berada di Kota Banda Aceh dalam sambutannya melalui virtual menyampaikan, memberikan apresiasi atas inisiatif IGI Kabupaten Aceh Selatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan untuk melaksanakan workshop virtual bagi guru-guru SD khususnya di Kabupaten Aceh Selatan.

“IGI merupakan organisasi profesi keguruan yang konsisten dalam upaya peningkatan SDM guru dan berupaya membantu baik Dinas Pendidikan Aceh dan Kementerian Agama Provinsi Aceh serta Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama di 23 kabupaten/kota,” ujar Imran.

Ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan yang telah membangun kemitraan bersama IGI Aceh Selatan dalam melaksanakan workshop virtual ini dan ucapan terima kasih kepada panitia, pemateri serta seluruh peserta yang mengikuti workshop ini, ucap Imran.

Dalam pembukaan workshop virtual bagi guru SD se-Aceh Selatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan, Erdiansyah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada IGI Aceh Selatan telah memotori kegiatan yang sangat bermanfaat bagi guru-guru SD khususnya di Kabupaten Aceh Selatan.

“Masa Pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi saat diperlukan inovatif dari guru untuk tetap menjadi motor penggerak demi kelangsungan proses kegiatan belajar mengajar, untuk itu diperlukan berbagai strategi yang harus dimiliki oleh seorang guru,” ujarnya.

Erdiansyah mengharapkan, setelah dilaksanakannya workshop penyederhaan RPP sesuai dengan surat edaran Kemendikbud nomor 14 tahun 2019 dapat diterapkan di sekolah masing-masing dengan mengkoordinasikan dengan kepala sekolah dan pengawas. (*)

Editor: Baihaqi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *