Rab. Jul 6th, 2022

Bhabinkamtibmas merupakan singkatan dari “Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat”. Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dalam menjaga Harkamtibmas di desa binaannya.

Sebagai seorang anggota Bhabinkamtibmas yang di tengah-tengah masyarakat, harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil yakni kelurahan atau desa, mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat.

Briptu Rafi Ardifat, salah satu Bhabinkamtibmas yang bertugas di Gampong Kuta Timu Kec. Sukakarya Sabang merupakan sosok yang perlu diteladani. Beliau benar-benar menjalankan peran dan fungsi ini sepenuh hati.

Misalnya Pantauan Acehsiana.com,  pada hari ini (Sabtu, 22/8/2020) Briptu Rafi Ardifat terlihat sedang melayat kesalah salah satu rumah warga yang meninggal dunia. Rafi turun langsung melaksanakan fardhu kifayah hingga ke pemakaman, bahkan menjadi orang yang mengumandangkan azan ketika mayat lagi dikuburkan.

Pemuda kelahiran Sigli itu  dikenal sebagai sosok polisi yang mahir bidang agama bahkan lebih dikenal dengan panggilan Tgk Rafi, beliau sering menjadi khatib shalat Jum’at di masjid-masjid di Kota Sabang dan juga sering mengajar ngaji di balai-balai pengajian.

Beliau juga sering turun kesekolah-sekolah untuk memberikan penyuluhan mengenai kenakalan remaja, sosialisasi tertip berkendaraan, bahaya Narkoba,  atau sekedar memimpin Yasin dan doa bersama pada setiap hari jumat.

Rafi memiliki kemampuan seni beretorika yang luar biasa terutama di depan audion. Selain itu dia juga sosok polisi yang ramah dan humoris.

Semoga Bhabinkamtibmas lainnya yang bertugas di manapun bisa meneladani hal-hal positif dari Briptu Rafi Ardifat ini.

(Tulisan ini merupakan Hasil Wawancara singkat Briptu Rafi Ardifat dengan Acehsiana.com)

Laporan: Enzuharisman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *