Jum. Jan 21st, 2022
Prodi Teknik Pertanian Unsyiah Sosialisasi Mutu dan HACCP Produk Ikan Asin di Lhokseudu

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Program Studi (Prodi) Teknik Pertanian Unsyiah melakukan kegiatan sosialisasi mutu dan hazard analysis critical control point (HACCP) produk ikan asin di wilayah Lhokseudu, Aceh Besar. Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (14/8) di Lhokseudu.

Prodi Teknik Pertanian menurunkan tim pengabdian diantaranya  Mustaqimah STP MSc, Raida Agustina STP MSc, Diswandi Nurba STP M.Si dan Dr Muhammad Yasar STP MSc.

Ketua Tim, Mustaqimah, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan pengembangan produk unggulan daerah (PPUD) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019. Tim kami, lanjt Mustaqimah, telah melakukan beberapa kegiatan mulai dari pengembangan produk, transfer teknologi, pembinaan dan pendampingan terhadap kelompok usaha industri rumah tangga.

“Dalam rangka meningkatkan Mutu produksi Ikan Asin tersebut, hari ini kami menghadirkan Dr Murna Muzaifa sebagai narasumber untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan wawasan mitra binaan terhadap pentingnya mutu dalam meningkatkan daya saing produk,”  ujar Mustaqimah.

Dr Murna dalam materinya turut memberikan penjelasan tentang tatacara pengurusan perizinan hingga label halal.

Suhaimi mewakili masyarakat binaan menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama ini sangat bermanfaat.

“Kami juga berharap kepada tim Unsyiah ini agar membantu kami dari aspek pemasaran juga.  Selama ini kami masih memasarkan produk secara konvensional. Semoga kami juga dibina agar mampu masuk ke sistem pemasaran yang lebih modern,” harap Suhaimi. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *