Rab. Okt 27th, 2021
Guru SMKN 2 Meulaboh Dilatih Penyusunan Buku Kerja Guru

ACEHSIANA.COM, Meulaboh – Guru SMKN 2 Meulaboh, Aceh Barat, dilatih penyusunan buku kerja guru di tengah tatanan new normal. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 13 – 15 Agustus 2020 di Meulaboh. Peserta kegiatan berjumlah 70 orang yang terdiri dari guru adaptif, normatif, dan produktif.

Kepala SMKN 2 Meulaboh  Tarmidhi SST menyampaikan bahwa kegiatan bedah buku kerja guru tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya, sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan, sehingga mutu pendidikan khususnya SMK terus meningkat.

“Kedepan harapan kita setelah mengikuti pelatihan ini, guru kita bisa lebih tertib administrasi, dan itu akan memudahkan guru itu sendiri dalam proses pembelajarannya, karena guru adalah ujung tombak kemajuan pendidikan” ujar Tarmidhi.

Tarmidhi menambahkan bahwa kegiatan tersebut memang sudah direncanakan sebelum masuk tahun ajaran baru.  Tetapi karena kondisi pandemic Covid-19 sehingga diundur dan baru bisa terlaksana sekarang ini

Narasumber kegiatan tersebut adalah Sekretaris IGI Aceh Jaya Ernal Nofiandri SPd. Ernal menjelaskan bahwa di era merdeka belajar ini, guru diberikan kemerdekaan dalam perencanaan pembelajaran, dengan konsep efisien, efektif dan berorientasi kepada peserta didik. Sehingga sekolah, guru dan peserta didik lebih bisa berinovasi dan kreatif untuk kemajuan pendidikan

“Pembelajaran yang baik selalu berawal dari perancanaan yang matang dan perencanaan yang baik adalah yang dilaksanakan” jelas guru SMK berprestasi Aceh ini.

Dikatakan Ernal bahwa pelatihan tersebut juga membedah pembuatan RPP Inspiratif atau satu halaman dengan menggunakan system mailings, agar memudahkan guru membuat RPP secara cepat dan otomatis, sehingga efisien dan efektif.

Kasubbag TU Cabang Dinas Pendidikan wilayah Aceh Barat, Abdul Aziz SH MSi yang turut hadir saat pembukaan memberikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini, dan melihat antusias yang luarbisa dari guru-guru SMK Negeri 2 Meulaboh dalam mengikuti kegiatan. Semoga antusias ini bisa menghasilkan output yang baik dan SMK Negeri 2 Meulaboh ini bisa menjadi contoh bagi SMK lainnya” kata Aziz. (*)

Kontributor: Maswadi

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *