Kam. Des 2nd, 2021

ACEHSIANA.COM, Calang – SMKN 1 Teunom, Aceh Jaya, membedah administrasi pembelajaran guru. Proses bedah administrasi guru dilakukan oleh Sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Jaya, Ernal Nofriandi SPd. Kegiatan tersebut berlangsung pada 22 Juli 2020 di SMKN 1 Teunom.

Kepala SMKN 1 Teunom, Syaribuddin MPd menjelaskan bahwa bedah administrasi guru tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Guru, tambah Syaribuddin, memiliki tugas merencanakan, membimbing, dan mengevaluasi pembelajaran.

“Salah satu administrasi yang dibedah adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penulisan RPP dilakukan secara efisien dan efektif sehingga guru memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dan mengevaluasi pembelajaran,” ujar Syaribuddin.

Dikatakan Syaribuddin bahwa Kemdikbud sudah memberi kebebasan kepada guru dengan menyederhanakan RPP. RPP tersebut, kata Syaribuddin, dikenal dengan RPP inspiratif atau RPP satu halaman.

“RPP satu halaman memiliki tiga komponen inti yaitu tujuan, kegiatan, dan asesmen pembelajaran,” ungkap Syaribuddin.

Wakil Kurikulum SMKN 1 Teunom, Ilfa Yanti SPd mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu dalam menyusun administrasi apalagi sebagai bidang akademik.

Sementara salah seorang guru, Rina Sepsiana SPd mengaku dengan adanya bedah administrasi ini sangat bermanfaat bagi guru-guru karena ada kebimbangan dalam menyusun administrasi salah satunya.

Ernal Nofriandi selaku fasilitator mengharapkan agar guru lebih tertib administrasi.

“Pembelajaran yang baik itu adalah yang terencana dan rencana pembelajaran yang baik itu adalah rencana yang dilaksanakan,” tutur Ernal. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *