Ming. Okt 17th, 2021
Lhokseumawe Masih Zona Kuning, Belajar Dari Rumah Dilanjutkan

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe- Memasuki tahun ajaran 2020/2021 pada tanggal 13 Juli 2020, Kota Lhokseumawe masih berada dalam zona kuning Covid-19. Akibatnya, belajar tatap muka era new normal tidak dapat dilakukan. Belajar dari Rumah (BDR) harus dilanjutkan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Kota Lhokseumawe, Anwar MPd menjelaskan bahwa sesuai dengan Instruksi Gubernur Aceh Nomor 11/INSTR/2020 bahwa pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka hanya dapat dilakukan pada Kabupaten/Kota yang berada pada zona hijau.

“Kabupaten/Kota pada zona kuning, orange atau merah berdasarkan Instruksi Gubernur, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka dan tetap melanjutkan kegiatan BDR. Karena Lhokseumawe masih zona kuning, maka sekolah harus menerapkan kegiatan BDR,” ujar Anwar.

Anwar mengharapkan kepada Kepala SMA/SMK/SLB di Kota Lhokseumawe untuk dapat memaksimalkan manajerial dan pengawasan guna memastikan guru melaksanakan tugas dengan profesional. Hal itu, lanjut Anwar, dilakukan agar proses BDR berlangsung dengan lancar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

“Saya meminta kepada peserta didik untuk serius mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode BDR. Orang tua peserta didik kita harapkan untuk berperan aktif guna membantu mengawasi anaknya di rumah. Pastikan mereka belajar atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru dengan baik,” tegas Anwar.

Salah satu sekolah yang menerapkan BDR adalah SMAN 7 Lhokseumawe. Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Drs Mukhtaruddin MPd menerangkan bahwa sekolah yang dipimpinnya sudah siap untuk melanjutkan program BDR.

“Kita melakukan BDR memanfaatkan fasilitas Microsoft yaitu Microsoft Teams. Para guru terus kita mantapkan penggunaan Microsoft Teams sehingga program BDR dapat terlaksana dengan baik,” urai Mukhtaruddin.

Dikatakan Mukhtaruddin bahwa untuk pemantapan penguasaan Microsoft Teams bagi guru, mereka dibimbing langsung oleh Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan SPd MPd, yang sudah profesional dalam penggunaan Microsoft Teams. Selain bimbingan, tambah Mukhtaruddin, Darmawan juga akan mendeploy akun Microsoft untuk seluruh peserta didik SMAN 7 Lhokseumawe.

“Kami mengharapkan agar orang tua peserta didik mampu mengawasi anaknya sehingga program BDR SMAN 7 Lhokseumawe dapat terlaksana dengan baik. Kerjasama dengan semua pihak termasuk Komite Sekolah sangat kita hargai demi      kelancaran proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 ini,” pungkas Mukhtaruddin. (*)

Editor: Ami

2 thoughts on “Lhokseumawe Masih Zona Kuning, Belajar Dari Rumah Dilanjutkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *