Jum. Jul 1st, 2022

ACEHSIANA.COM, Langsa – Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Kota Langsa bekerjasama dengan Unit Donor Darah PMI Kota Langsa melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (5/6) di kantor Cabdisdik Wilayah Kota Langsa.

Kepala Cabdisdik Wilayah Kota Langsa, Abdul Jaban SPd MPd menjelaskan bahwa terdapat 43 pendonor yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka, lanjut Jaban, terdiri atas keluarga besar Cabdisdik Wilayah Kota Langsa, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan para dewan guru SMA/SMK/SLB di Kota Langsa.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Imbauan Plt Gubernur dan Kadisdik Aceh agar melakukan donor darah pada masa pandemi Covid-19. Ini donor darah perdana dan kedepan akan kita lakukan kegiatan serupa dengan jumlah pendonor yang lebih banyak,” ujar Jaban.

Dikatakan Jaban bahwa stok darah di PMI dalam masa pandemi Covid-19 berkurang sekitar 50%. Oleh karena itu, kata Jaban, kegiatan ini dilakukan guna membantu PMI dalam menyediakan stok darah.

Salah seorang pendonor dari Pengawas Sekolah, Dra Efi Padrita MPd mengaku bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Donor darah membuat sel-sel darah baru dalam tubuh akan tumbuh kembali. Darah yang kita donorkan akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan,” ungkap Efi.

Kepala SMAN 3 Langsa, Drs Suhafrinal MPd menerangkan bahwa ia sudah melakukan donor darah sebanyak 10 kali. Kegiatan tersebut, tutur Suhafrinal, sebagai bentuk kepedulian sosial dan perlu dilakukan secara kontinu.

Dr Zuraida mewakili PMI Kota Langsa menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memenuhi ketersediaan stok darah di PMI Kota Langsa.

“Dari 40 pendonor terkumpul 34 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan stok darah yang semakin menipis di PMI Kota Langsa,” pungkas Zuraida. (*)

Kontributor: Hendra
Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *