Sab. Sep 25th, 2021

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, SMK Negeri 4 Lhokseumawe melaksanakan kegiatan sederhana ditengah kewaspadaan dan keprihatinan terhadap pandemi  Covid 19 dengan berbagi ta’jil (penganan berbuka puasa) kepada masyarakat Kota Lhokseumawe. Kegiatan yang disponsori siswa siswi pengurus OSIS dan didampingi segenap guru SMK Negeri 4 Lhokseumawe ini berjalan penuh semangat di seputaran lampu merah Taman Riyadhah Lhokseumawe sore Sabtu, 2 Mei 2020. Paket ta’jil ini merupakan hasil penggalangan sumbangan sukarela OSIS dan dewan guru SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Hal ini tidak terlepas untuk kebersamaan rasa di masa keprihatinan pandemic Covid 19. Pada kegiatan ini, segenap siswa dan guru yang terlibat tetap menjalankan anjuran Pemko Lhokseumawe untuk menggunakan masker dan menjaga jarak (Social Distancing) sebagai wujud kewaspadaan dari penularan Covid 19. “Kegiatan berbagi di hari pendidikan nasional ini, kita mempersiapkan paket ta’jil yang dikemas sebanyak 250 porsi  terdiri dari  bubur, kue dan minuman”, ujar ibu Hj. Rohamah, S.Pd selaku Waka Humas dan didampingi ibu Yusra Amelia, S.Sn sebagai Pembina OSIS SMK Negeri 4 Lhokseumawe. “Animo guru dan siswa yang sangat bersemangat walaupun tidak bersua di sekolah selama ini, memberi arti kerinduan mereka untuk kembali ke sekolah dan bertemu dengan guru-gurunya, Sehingga kegiatan ini menjadi ajang pembelajaran karakter berbagi antar sesama dengan masyarakat  khususnya bagi pengurus OSIS,” terang Rohamah, S.Pd.  Selain pengurus OSIS dan Waka Humas yang terlibat dalam acara pembagian ta’jil di hari pendidikan nasional ini, juga hadir guru-guru lain juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Bidang Kesiswaan yang turut berpartisipasi dalam pembagian ta’jil dan juga mensosialisasi keberadaan sekolah dan profil SMK Negeri 4 Lhokseumawe kepada masyarakat, terutama bagi orangtua yang memiliki anak-anak yang lulus dari SMP sederajat guna melanjutkan pendidikan menengah atas.

Kegiatan Guru SMKN 4 Lhokseumawe membagi ta’jil bagi masyarakat di perempatan lampu merah taman riyadhah Lhokseumawe

Kesempatan mensosialisasi sekolah tidak dapat dilakukan secara normal ke sekolah-sekolah tingkat SLTP sederajat, mengingat seluruh kegiatan pembelajaran siswa dilakukan dari rumah, sehingga tidak adanya interaksi langsung antara pihak sekolah yang mensosialisasi dengan siswa yang akan lulus SMP. Hal ini turut mempengaruhi kekurang tahuan lulusan SMP untuk mendapatkan sekolah lanjutan yang sesuai minat dan pilihannya terutama SMK. “Oleh karena itu, kegiatan memperingati hari pendidikan nasional ini selain kita berbagi ta’jil dengan masyarakat Kota Lhokseumawe, juga kita mensosialisasikan keberadaan dan eksistensi SMK Negeri 4 Lhokseumawe kepada masyarakat luas, dimana di sekolah kita siswa dapat memilih diantara 6 Jurusan yang ada, seperti Jurusan Kriya Tekstil, Kriya Kayu, Teknik Energi Surya, Hydro dan Angin, Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Jurusan Desain Komunikasi Visual dan Jurusan Teknik Kenderaan Ringan” jelas ibu Nila Abidin, ST selaku Waka Kesiswaan sekaligus coordinator Penerimaan Siswa Baru SMK Negeri 4 Lhokseumawe. “Dengan kondisi saat ini yang kurang normal, dimana keterbatasan keluar rumah, kita juga memberikan fasilitas pendaftaran siswa baru secara online. Jadi siswa dapat mendaftar melalui internet atau android mereka ke link : https://bit.ly/3aSONKg “ Promosi ibu Nila Abidin selanjutnya.

Kegiatan yang berlangsung sekitar 30 menit mulai pukul 17.30 Wib hingga pukul 18.00 Wib mendapat respon sukacita bagi masyarakat yang kebetulan berhenti di lampu merah dalam perjalanan mereka dengan mendapatkan paket ta’jil dari siswa dan guru ini.  Menurut ibu Rohamah, S.Pd, kegiatan ini InsyaAllah akan kembali dilaksanakan mengingat bulan ramadhan baru berada pada hari ke 9, dan kita harapkan kegiatan hari ini mendorong semua kita untuk peka dalam berbagi khususnya bagi masyarakat yang berimbas akibat pandemic Covid 19 yang melanda Indonesia dan Dunia pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *