Sel. Nov 30th, 2021

Masa pandemi yang berkepanjangan tidak membuat sekolah mati suri, selain tetap menggalakkan proses pembelajaran dalam jaringan, beserta evaluasi dan penugasan, Surat Keterangan Lulus bagi siswa kelas XII juga dapat diakses dari rumah.

Salah satu sekolah yang mulai menerapkan pola tersebut adalah SMA Negeri 1 Nurussalam Aceh Timur. Ujicoba sistem dilakukan siang tadi memberi alternatif bagi siswa untuk mengakses dan mengunduh Surat Keterangan Lulus melalui Whatsapp. Pilihan WA karena hampir semua siswa memiliki gawai yang terinstall aplikasi “masyarakat” ini.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Khairuddin, sekaligus perancang sistem mengungkapkan bahwa tool yang digunakan merupakan perpaduan tool pada google yang dikombinasikan dengan WA sebagai media pengantar pesan berbentuk pdf.

“Siswa menerima link drive Surat Keterangan Lulus yang diunduh berbentuk pdf. Nilai yang dicantumkan merupakan rerata dari semester I s.d V. File PDF yang diterima siswa sudah dibubuhkan stempel sekolah berbentu QR Code, karena Surat asli harus dibubuhkan stempel basah. Jadi yang diterima siswa duplikasi yang legal sebagai bentuk pengumuman hasil belajar siswa selama tiga tahun. Sementara untuk kepentingan yang asli, siswa memperoleh hardcopy saat ke sekolah” ujar Khairuddin.

Sistem yang dikembangkan sangat praktis bagi siswa, dimana siswa hanya tinggal menghubungi kontak help desk sekolah melalui WA, lalu mendapat balasan untuk mengisi NISN melalui WA. Jika NISN keliru, sistem menolak mengirim drive link, sementara jika benar, sistem memberikan link Surat Keterangan Lulus yang bersangkutan untuk diunduh.

Kepala SMA Negeri 1 Nurussalam, Syahrumadhan mengapresiasi pola yang dilakukan tim di sekolahnya, “Ini bentuk dukungan kami untuk kampanye social distancing di masa pandemi, selain itu juga memudahkan administrasi bagi siswa. Keaslian dari dokumen bagi siswa dapat dibuktikan melalui QR Code”.

Salah seorang siswi SMA Negeri 1 Nurussalam, Lindawati yang ikut menguji sistem mengungkapkan bahwa sistem seperti ini memudahkan bagi siswa untuk memperoleh Surat Keterangan Lulus setiap saat, tanpa perlu menunggu waktu yang lama, canggih dan bermanfaat.

Poetra Joeang

By Poetra Joeang

Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *