Jum. Sep 24th, 2021
Pemasangan gerbang sterilisasi pada salah satu Puskesmas di Aceh Selatan (doc. Yasar)

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Gerbang sterilisasi dipasang di Puskesmas Rawat Inap oleh Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Selatan. Hal itu dilakukan dalam rangka memerangi pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang terus mewabah. Pemasangan tersebut dilakukan  di seluruh Puskesmas di Aceh Selatan pada Senin (13/4).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita SE MKes yang juga sebagai Tim Gugus Tugas pada Seksi penanganan menjelaskan, pemasangan alat bilik  sterilisasi  otomatis ini diperuntukkan bagi tenaga medis yang menangani masalah virus corona.

“Penggunaannya dipastikan aman karena yang disemprot adalah yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sesuai prosedur atau protokol penanganan Covid-19. Hanya petugas yang masih menggunakan APD lengkap setelah menangani ODP atau PDP yang boleh masuk bilik tersebut,” ujar Novi.

Dikatakan Novi bahwa selama ini para medis yang menangani atau mengalami kontak langsung dengan pasien memang dilakukan penyemprotan secara manual, sehingga inovasi penyemprotan otomatis sangat membantu sekali.

“ Gerbang Sterilisasi Buatan Politeknik Aceh Selatan ini akan di distribusikan ke seluruh Puskesmas Rawat Inap yang ada di Kabupaten Aceh Selatan sejumlah 18 unit dan 1 unit akan diletakkan di PSC Dinas Kesehatan untuk para petugas yg merujuk pasien PDP ke RSUDYA ,” ungkap Novi.

Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr Muhammad Yasar STP MSc yang juga anggota tim gugus tugas saat dikonfirmasi terkait pemasangan alat tersebut, membenarkan bahwa pihaknya sedang melakukan pendistribusian karya dosen Poltas tersebut ke sejumlah Puskesmas. Hal itu, tutur Yasar, dilakukan mengikuti arahan Plt. Kadinkes Aceh Selatan sebagai perpanjangan tangan Bupati.

” Plt. Bupati Aceh Selatan Tgk Amran telah melaunching inovasi karya dosen Politeknik Aceh Selatan ini pada Kamis (23/03/2020) lalu. Saat itu Bupati meminta agar Poltas memproduksi alat tersebut untuk kemudian digunakan di Rumah Sakit dan Puskesmas-puskesmas yang ada,” pungkas Yasar. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *