Rab. Jul 6th, 2022

ACEHSIANA.COM, Jakarta-Guna mendukung program belajar dari rumah atau distance learning, beberapa provider telekomunikasi di Indonesia menawarkan paket internet gratis. Paket ini dapat dinikmati oleh para pelajar yang belajar dari rumah, maupun yang bekerja dari rumah.

Seperti diketahui akibat Coronavirus disease 2019 (Covid-19) menyebabkan proses pembelajaran harus dilakukan dari rumah atau distance learning. Termasuk para pekerja bekerja di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun, selama ini promo internet yang diberikan masih dipertanyakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim.

“Guru Indonesia, yang dibutuhkan saat ini adalah komunikasi langsung guru dan siswa. Solusinya Kuota Gratis Khusus untuk Guru Dan Siswa,” jelasnya

Ramli Rahim juga menegaskan untuk menghapus program guru penggerak yang menghabiskan anggaran 500 milyar lebih, demi diberikan kuota internet bagi guru dan siswa.

Buntut dari protes keras Ikatan Guru Indonesia (IGI) tersebut, Kemdikbud bekerjasama dengan beberapa provider di Indonesia untuk menggratiskan pemakaian Video Converence (Vicon) dengan menggunakan webex meeting atau Zoom Meeting.

Salah satu guru penggerak di Aceh yang tidak mau disebutkan namanya, sangat bersyukur dengan adanya kebijakan ini.

“Saya sering menggunakan pembelajaran daring via webex selama ini. Dengan adanya paket internet gratis untuk vicon, pembelajaran dengan interaksi langsung guru dan siswa dapat dilaksanakan dengan nyaman tanpa memikirkan kehabisan paket internet”, terangnya

Berikut sejumlah promo internet yang diberikan provider:

1. XL Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memiliki program internet gratis 2 GB/hari.

Pelanggan XL Axiata baik pengguna kartu XL, AXIS, XL PRIORITAS serta pelanggan korporasi XL Business Solutions dan internet rumah XL Home Wireless bisa menikmati program tersebut.

Caranya adalah dengan mengaktifkan program melalui aplikasi myXL, myXL Postpaid atau Axisnet.

Program gratis 2GB/hari ini bisa dimanfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu bekerja dari rumah.

Di antaranya adalah Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Rumah Belajar untuk para pelajar atau mahasiswa.

Akses ini melengkapi akses ke saluran informasi Covid-19 yang sudah ada sebelumnya, yaitu sumber-sumber resmi di Kementerian Kesehatan (https://infeksiemerging.kemkes.go.id/) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (https://corona.jakarta.go.id/).

“Program ini telah kita luncurkan sejak 18 Maret 2020 lalu,” kata Dian.

Kemudian untuk yang bekerja dari rumah, pelanggan bisa menggunakannya untuk mengakses sejumlah aplikasi dari Microsoft Office 365 yang meliputi, Microsoft Exchange, Share Point, One Drive, Microsoft Team, dan Skype for Business.

2. Telkomsel

Telkomsel memberikan sejumlah tawaran program yang bisa dinikmati oleh siapa pun yang sedang di rumah.

Beberapa program tersebut di antaranya adalah #DiRumahTerusBelajar, #DiRumahTerusProduktif, #DiRumahTerusSehat, DiRumahTerusBerbagi, #DiRumahTerusTerhubung, #DiRumahTerusUpdate, #DiRumahTerusTerpenuhi, #DiRumahTerusTerhibur.

Beberapa program tersebut memberikan tawaran menarik. Misalnya #DiRumahTerusBelajar, pada program ini Telkomsel menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia dan Paket Bebas Askes Ruang Guru.

Masing-masing aplikasi berisi kuota data sebesar 30GB senilai Rp 0.

Dengan program tersebut sejumlah platform bisa diakses dengan gratis yakni: Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, Sekolahmu, Rumah Belajar, serta situs e-learning 137 Perguruan Tinggi di Indonesia dan situs Spada Indonesia.

Selain itu saat ini telkomsel menambahkan gratis  3-room Zoom Video Conference dan webex video conference.

Paket ini dapat diaktivasi oleh pelanggan prabayar maupun pascabayar melalui aplikasi MyTelkomsel dan berlaku selama 30 hari sejak tanggal aktivasi.

Tidak hanya terbatas bagi pelajar maupun mahasiswa, Telkomsel juga memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk belajar berbagai pengetahuan seperti teknologi digital untuk pengembangan bisnis.

Untuk tawaran telkomsel lain selengkapnya bisa diakses melalui aplikasi my telkomsel

3. Indosat

Seperti kedua provider sebelumnya, Indosat Ooredoo melalui brand IM3 Ooredoo juga memiliki program belajar di rumah. Program tersebut yakni memberikan kuota gratis 30 GB.

Kuota tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakses aplikasi belajar online bagi semua pengguna IM3 Ooredoo.

Untuk mendapatkannya bisa melalui aplikasi myIM3atau dengan menekan *123*369# dan akan berlaku 30 hari sejak diaktifkan.

Kuota internet gratis ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses ke lebih dari 60 platform e-Learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia agar mahasiswa dan dosen tetap dapat melanjutkan proses perkuliahan selama krisis COVID-19 berlangsung, tanpa menghabiskan kuota internet mereka.

Selain itu juga plus paket gratis untuk video conference dengan Webex

IM3 Ooredoo juga memberikan diskon hingga 30 persen untuk beberapa paket internet yang tersedia di myIM3 atau di *123*52#. Pelanggan dapat menikmati kuota hingga 50 GB dan dapat digunakan selama 30 hari.

4. Telkom Indonesia

Telkom Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Plat merah perusahaan telekomunikasi ini, sebagai penyedia internet yang familiar dengan nama indiehome ini juga memberikan paket internet gratis.

Paket internet yang diberikan dalam masa darurat Covid-19 ini diantaranya Paket  pasang  baru  IndiHome  yang  ditujukan  untuk  mendukung  aktivitas  pelajar dan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran secara online di rumah dalam paket Learning From Home (LFH). Free add-on IndiHome Study 1 bulan. Bonus quota 50 GB. Gratis Abonemen 1 Bulan. Semua Pelanggan IndiHome mendapatkan gratis tambahan kuota sebesar 50 GB

Untuk mengaktifkannya, pelanggan bisa langsung datang ke kantor plasa telkom daerah masing-masing. Bisa juga menghubungi call center telkom indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *