Jum. Jul 1st, 2022

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Peserta pelatihan distance learning yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh dalam program Meurunoe Meubagi Wawasan Lam Jaringan (Meugiwang) batch 1 mengaku sangat senang mengikuti pelatihan tersebut. Hal itu sebagaimana testimoni yang disampaikan peserta Meugiwang IGI Aceh batch 1 kepada acehsiana.com pada Kamis (2/4).

Guru SMAN 1 Samalanga, Bireuen, Putri Maulina SPd, mengakui bahwa pelatihan tersebut sangat menarik, menyenangkan dan bermanfaat. Melalui pelatihan tersebut, lanjut Putri, ia memperoleh ilmu baru mengenai beberapa alternatif distance learning yang dapat digunakan guru untuk pembelajaran.

“Terlebih lagi dalam situasi dan kondisi lockdown sekolah saat ini yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran sebagaimana biasanya. Melalui beberapa platform distance learning yang dilatih IGI, saya dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh bersama siswa saya,” ujar Putri.

Putri mengharapkan agar kedepan lebih sering diadakan kegiatan menarik seperti Meugiwang IGI agar guru-guru dapat terus meng-upgrade diri dan tidak kudet untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern.

Guru SMAN Babul Rahmah, Aceh Tenggara, Dasma Susanti SPdI, dalam testimoninya mengaku bahwa selama ini ia hanya tau portal Rumah Belajar dan Ruangguru yang digunakan untuk belajar online. Ternyata setelah mengikuti pelatihan Meugiwang IGI Aceh, banyak ilmu baru yang ia dapatkan dan aplikasikan.

“Sekolah kami termasuk dalam sekolah garda terpencil, jadi ilmu yang saya peroleh ini akan saya aplikasikan terutama dalam masa lockdowan sekolah ini. Bekal ini akan kami jadikan pijakan untuk sekolah kami agar terus berbenah diri dan memperbanyak ilmu kami untuk membuat siswa kami tidak ketinggalan informasi dalam pembelajarn,” akui Dasma.

Dasma sangat mengharapkan agar setelah selesai Meugiwang IGI batch 1 agar ada kegiatan Meugiwang IGI selanjutnya supaya guru-guru yang lain dapat bergabung juga dan mendapatkan ilmu baru tersebut.

Guru SMAN 1 Leuser, Aceh Tenggara, Dika Tri Andani SPd menerangkan bahwa ia dapat mengetahui lebih dalam 4 learning management system (LMS) setelah mengikuti Meugiwang IGI Aceh batch 1. Dika sangat senang dengan mentor-mentor IGI yang memaparkan materi dengan sangat baik dan sabar dalam menjawab pertanyaan peserta.

“Saya mengajar di sekolah terpencil sehingga ilmu ini sangat bermanfaat. Biasanya sekolah kami sangat jarang dipanggil untuk mengikuti pelatihan. Semoga kedepan IGI dapat membuat pelatihan-pelatihan secara daring lagi. Terima kasih kepada seluruh panitia dan mentor yang telah mengadakan pelatihan Meugiwang IGI,” pungkas Dika. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *