Rab. Jul 6th, 2022

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Bilek desinfektan Politeknik Aceh Selatan (Poltas) hasil inovasi dosen Poltas mendapatkan apresiasi dari Plt Bupati Aceh Selatan. Apresiasi tersebut disampaikan Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, pada Kamis (26/3) saat menguji bilik sterilisasi tersebut di gedung Poltas.

Tgk Amran menunjukkan ekspresi bahagianya tatkala menguji bilik sterilisasi virus buatan Poltas.
Tgk Amran sangat mengapresiasi usaha Poltas dalam memberikan solusi terhadap semakin mewabahnya virus corona yang mencemaskan masyarakat dunia.

“Kita memesan 20 unit alat yang diberi nama “Bilek Desinfektan Poltas” ini untuk ditempatkan di Puskesmas-puskesmas dan pintu gerbang masuk perbatasan,” ujar Tgk Amran.

Direktur Poltas, Dr Muhammad Yasar STP MSc, menyebutkan bahwa pihaknya juga telah dihubungi oleh beberapa kabupaten/kota tetangga untuk membuat alat ini. Yasar menegaskan bahwa tidak ada komersialisasi dalam pemesanan alat tersebut.

“Kita mengedepankan pengabdian dalam rangka berkontribusi aktif terhadap permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat. Cuma persoalannya, Poltas tidak mampu memproduksi sendiri. Perlu bantuan dari segi finansial yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan bahan yang diperlukan,” terang Yasar.

Dikatakan Yasar bahwa secara swadaya Poltas baru mampu membuat satu alat dan langsung diserahkan kepada Rumah Sakit Umum Daerah Yulidin Away (RSUDYA) untuk dimanfaatkan. Yasar berharap karya sederhana tersebut bermanfaat untuk paramedis yang kami yang mengalami kekurangan alat pelindung diri (APD).

Alat buatan Khairuman, Herry Setiawan, Dirja Nur Ilham, Amsar, Eri Satriya, Rudi Chandra dan Hasbaini ini diharapkan menjadi solusi untuk mencegah penyebaran virus menakutkan tersebut. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *