Jum. Jan 21st, 2022

ACEHSIANA.COM, Bener Meriah – Kompetensi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA dilaksanakan secara serentak pada Selasa (10/3) di seluruh Indonesia. Sementara KSN tingkat Bener Meriah diikuti 418 siswa berlangsung di SMAN 1 Bukit.

Ketua panitia, Mudaris SPd melaporkan bahwa  kompetisi ini diikuti 418 siswa dan siswi tingkat SMA se-Kabupaten Bener Meriah. Adapun rinciannya, tambah Mudaris, peserta untuk bidang Matematika diikuti 51 peserta, bidang Fisika 45 peserta, bidang Kimia 51 peserta, bidang Biologi 50 Peserta, bidang Astronomi 42 peserta, bidang Ekonomi 55 Peserta, bidang Kebumian 40 Peserta, bidang Geografi 45 peserta, dan bidang Informatika/Komputer diikuti 49 peserta.

“Jadi total semua peserta adalah 418 siswa dari seluruh SMA baik negeri maupun swasta dalam Wilayah Kabupaten Bener Meriah,” lapor Mudaris.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah Kabupaten Bener Meriah, Sukardi SPd MPd, menjelaskan bahwa tujuan digelarnya adu kecerdasan tersebut adalah pertama, mengembangkan bakat, kompetensi dan kecintaan siswa dalam bidang sains. Kedua, menumbuhkembangkan karakter siswa yang kompetitif, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh dan cinta tanah air.

“Ketiga adalah menjaring siswa siswi yang unggul di bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Geografi, Ekonomi dan Komputer, untuk dipersiapkan menjadi tim dalam kompetisi tingkat provinsi nanti,” ujar Sukardi.

Selain itu, pungkas Sukardi, ajang KSN ini juga diharapkan mampu memacu peningkatan mutu pendidikan di wilayah Bener Meriah khususnya di bidang Sains. (*)

Kontributor: Leni

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *