Jum. Jul 30th, 2021

ACEHSIANA.COM, Aceh Besar – Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA tahun 2020 di Kabupaten Aceh Besar diikuti oleh 628 siswa dari 37 SMA se-Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan tersebut berlangsung di SMAN 1 Darul Imarah, Aceh Besar pada Selasa (10/3).

Kegiatan rutin tahunan tersebut dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Dra Lila Rosnilawati dan juga dihadiri oleh Korwas Aceh, kepala sekolah, guru pendamping  dan para siswa peserta dari sekolah-sekolah yang ada di Aceh Besar.

Ketua panitia, Misra, SPd MPd, melaporkan bahwa kegiatan KSN tersebut diadakan selama dua hari, dari tanggal 10 s.d 11 maret 2020. Acara tersebut diikuti oleh 628 siswa perwakilan dari 37 Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

“Adapun cabang yang diperlombakan meliputi Astronomi ( 54 Peserta), Biologi (59 Peserta), Ekonomi (64 Peserta), Fisika (71 Peserta ), Geografi ( 74 Peserta), Informatika dan Komputer ( 59 Peserta), Kebumian (64 Peserta), Kimia (75 Peserta), dan Matematika ( 78 Peserta),” lapor Misra.

Kacabdindik Wilayah Aceh Besar dan Banda Aceh, Lila Rosnilawati, mengharakan kepada para siswa agar menjadikan kegiatan tersebut sebagai arena untuk membangun dan mempererat silaturahmi sesama pelajar dan membentuk karakter siswa dalam menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Melalui event ini para peserta harus mampu berkompetisi secara jujur sebagai pembelajaran dikemudian hari. Integritas kejujuran sains harus dijunjung tinggi, seorang saintis harus mampu menjaga kemurnian otensitas kejujuran tersebut,” tegas Lila.

Lila tidak lupa mengingatkan kepada para juara nantinya agar dapat bersaing secara jujur pula pada tingkat provinsi, nasional dan bahkan Internasional untuk mencapai prestasi menuju Aceh carong. (*)

Kontributor : Khairul Zami

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *