Ming. Okt 17th, 2021

ACEHSIANA.COM, Lhoksukon – Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik)Wilayah Kabupaten Aceh Utara, T Aznal Zahri SSTP MSi menegaskan bahwa Kompetensi Sains Nasional (KSN) tidak hanya berorientasi pada kejuaraan saja, tetapi sebagai pengalaman belajar. Penegasan tersebut disampaikan Aznal saat membuka kegiatan KSN jenjang SMA se-Kabupaten Aceh Utara pada Selasa (10/3) di SMAN 1 Lhoksukon.

Menurut Aznal, KSN diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini, tambah Aznal, juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh Wilayah Aceh Utara.

Dikatakan Aznal, Kegiatan KSN sebelumnya disebut OSN (Olimpiade Sains Nasional) telah dilaksanakan mulai Tahun 2002 dan dilakukan berjenjang melalui Seleksi Sekolah, Kabupaten, Propinsi dan Nasional. Pesertanya adalah Siswa kelas X dan XI yang berasal dari SMA dan bidang studi yang diperlombakan sejumlah 9 bidang, yaitu bidang Matematka, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

“Kegiatan KSN tidak hanya berorientasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience). Kalah atau menang dalam KSN bukanlah tujuan, tetapi jadikan sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan,” ujar Aznal.

Pada kesempatan tersebut Aznal tidak lupa berpesan kepada pihak sekolah agar terus memberikan pembinaan dan motivasi kepada para peserta yang nantinya akan mewakili KSN provinsi di Banda Aceh.

“Kegiatan ini merupakan moment yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik,” ungkap Aznal.

Aznal menghimbau kepada segenap panitia, pengawas dan tim juri, termasuk para siswa untuk tetap menjaga dan memelihara ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini. Aznal melanjutkan bahwa semangat kerjasama, rasa persaudaraan dan persatuan sesama peserta hendaknya dipelihara dengan baik, dengan mengedepankan semangat sportivitas yang tinggi.

KSN di Aceh Utara diikuti oleh 472 siswa. Mereka merupakan siswa terpilih dari masing-masing SMA dalam Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Aceh Utara. (*)

Kontributor: Hamid

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *