Sen. Jun 21st, 2021

ACEHSIANA.COM, Sabang– Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat SMA pada  Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Sabang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Sabang pada Selasa (10/3). Kegiatan tersebut diikuti oleh 81 peserta dari seluruh SMA di Kota Sabang.

Kancab Disdik Kota Sabang, Abdul Hamid SPd MPd dalam sambutannya meminta peserta lomba agar perlu keseriusan dan ketelitian dalam menjawab soal-soal yang diujikan. Menurut Hamid,kegiatan KSN merupakan wahana untuk menumbuhkembangkan karakter siswa.

“Disini  siswa diuji kejujuran, disiplin, kreatif, Karena melalui kegiatan ini akan lahir “embrio” siswa-siswa terbaik dari masing-masing disiplin keilmuan. Bagi para juara I, II, dan III akan menjadi duta Kota Sabang pada ajang ditingkat Provinsi Aceh pada 14-16 April 2020,” ujar Hamid.

Dikatan Hamid bahwa peserta KSN merupakan putra putri terbaik Kota Sabang yang telah hadir diruang tersebut. Dari 1.825 siswa SMA Kota Sabang, tambah Hamid, mereka terpilih dan hadir diruang ini, jangan sia siakan kesempatan terbaik ini, tunjukkan kemampuan kalian, kalian mampu mengharumkan nama Kota Sabang.

“Orang tuan kalian akan bangga bila kalian terpilih sebagai duta KSN Kota Sabang ke tingkat Provinsi Aceh. Melalui ajang ini kita berharap  siswa dapat menguasai Iptek yang pada gilirannya akan terbuka peluang untuk meningkatkan mutu Pendidikan Kota Sabang,” tutur Hamid memotivasi siswa.

Ketua Panitia, Ratnawisa SPd melaporkan  terdapat 9 disiplin keilmuan yakni yang diujikan yaitu Matematika, Kimia, Fisika Biologi, Teknik Informatika, Geografi, Astronomi, Eonomi dan Kebumian.

“Setiap sekolah meringirim 27 siswa terbaiknya. Keseluruhan peserta adalah 81 siswa. Kepada peserta diberikan uang transpor, snack dan makan siang. Bagi juara I, II, dan III diberikan uang pembinaan dan berhak mengikuti KSN di Tingkat Provisi Aceh pada Tanggal 14 sampai 16 April 2020,” pungkas Ratnawisa. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *