Rab. Jul 6th, 2022

ACEHSIANA.COM, Bireuen – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Bireuen, Drs M Nasir MPd meminta siswa untuk berwudhu sebelum melakukan aktivitas pembelajaran. Permintaan tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke SDN 3 Bireuen pada Jumat (7/3). Saat kunjungan kerja, Nasir turut didampingi Kabid Pembinaan SMP, Zamzami SPd, dan Kabid Pembinaan SD, Alfian MPd.

Kadisdikbud Bireuen, M Nasir menjelaskan bahwa tujuan kunjungan kerjanya bersama kepala bidang SMP dan SD ke sekolah tersebut untuk melihat langsung aktivitas siswa baik di pagi hari pada sekolah-sekolah sebelum memulai pembelajaran di ruang kelas.

“Berwudhu merupakan salah satu praktek baik di sekolah dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter siswa. Selain sebagai salah syarat untuk shalat, berwudhu juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan dapat mencegah dari berbagai macam penyakit, termasuk terhindar dari paparan virus yang sangat meresahkan saat ini yaitu Carona,” ujar Nasir.

Dikatakan Nasir bahwa wudhu dan hidup bersih dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit membahayakan termasuk wabah Corona. Menurut Nasir, Gerakan Wudhu sebelum belajar tersebut dilakukan serentak pada seluruh Sekolah dalam lingkungan Disdikbud Bireuen.

“Semua sekolah sangat antusias melaksanakan kegiatan tersebut dengan segala fasilitas sekolah dan pemanfaatan lingkungan yang ada. Misalnya memanfaatkan fasilitas tempat ibadah atau sungai terdekat,” pungkas Nasir.

Gerakan Wudhu sebelum belajar dan praktek baik lainnya seperti Salam sapa, Baca yasin, Jum’at Sedekah, Tahfidz Alquran bisa,  diharapkan menjadi budaya di sekolah dalam Kabupaten Bireuen. (*)

Kontributor : Teuku Muhammad

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *