Ming. Okt 17th, 2021

ACEHSIANA.COM, Calang – SMKN 1 Teunom, Aceh Jaya, untuk pertama kalinya melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). USBK perdana tersebut berlangsung pada tanggal 2 – 14 Maret 2020 di SMKN 1 Teunom.

Kepala SMKN 1 Teunom, Syaribuddin M.Pd kepada menjelaskan bahwa ujian sekolah   yang dilakukan kali ini merupakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).  Menurutnya, hal tersebut merupakan gebrakan perdana yang dilakukannya selaku kepala sekolah yang baru diangkat disana, karena selama ini ujian selalu dilakukan berbasis kertas.

“Semoga USBK ini dapat meningkatkan akuntabilitas ujian sekolah. Selain itu kesiapan SMKN 1 Teunom  dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tanggal 16-19 Maret mendatang akan semakin mantap,” ujar Syaribuddin disela-sela memantau USBK Senin (02/03/2020).

Syaribuddin menambahkan, bahwa secara umum USBK lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan ujian sekolah berbasis kertas. Selain pengurangan penggunaan kertas, lanjut Syaribuddin, biaya yang dikeluarkan untuk percetakanpun semakin hemat dan para peserta didik juga terlihat sangat menikmati mengikuti ujian berbasis komputer tersebut.

“Kedepan, kami bercita-cita tes berbasis komputer tidak hanya saat ujian sekolah, tetapi juga saat ulangan mingguan juga akan dilakukan secara digital,” tegas Syaribuddin

Sementara Wakil Bidang Kurikulum SMKN 1 Teunom, Ilfa Yanti, S.Pd mengatakan, dengan USBK semua guru dimudahkan dalam pemerikaan hasil ujian,

“Kami sangat senang bisa melaksanakan USBK. Hal ini terlaksana berkat hasil dari sharing ilmu tim IT Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Jaya yang dihadirkan kepala sekolah minggu yang lalu. Dan tidak menyangka semua guru mahir menggunakan aplikasi yang diajarkan sehingga siap dalam melaksanakan USBK,”  terang Ilfa.

Kontributor: Maswadi

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *