Sel. Jun 22nd, 2021

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Mobile Training Unit (MTU) mencoba menghubungkan keahlian yang diminati Dunia Usaha dan Dunai Industri (DUDI) dengan siswa SMK di seluruh Aceh. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA saat melepas peserta MTU di Home Based MTU Pango, Banda Aceh, pada Rabu (26/2).

Rachmat Fitri menjelaskan bahwa Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan sangat berkomitmen untuk meningkatkan keahlian siswa sesuai kebutuhan DUDI. Selain itu, lanjut Rachmat Fitri, pihaknya juga memfasilitasi proses sertifikasi keahlian siswa yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan DUDI.

“Kita terus berkomitmen meningkatkan keahlian dan memfasilitasi proses sertifikasi keahlian siswa SMK kita yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan DUDI,” ujar Rachmat Fitri.

Lebih lanjut mantan Wakil Bupati Aceh Barat itu mengatakan bahwa terdapat tiga hal yang menjadi kebutuhan masa depan. Ketiganya, ungkap Rachmat Fitri, adalah sum berdaya manusia (SDM) yang cakap di bidangnya, kemampuan membangun jaringan (networking) dengan DUDI, dan kemampuan inovasi yang akan menjadi nilai jual. Ketigan hal tersebut, sebut Rachmat Fitri, akan mampu mengembangkan diri dengan DUDI.

“Untuk mengatasi sindrom homesick yang sering melanda siswa, maka kita yang akan mendatangi mereka ke setiap sekolah yang ada di Aceh. Mengingat waktu yang tidak terlalu lama, maka para siswa dapat belajar sesuai keahlian dan peminatannya masing-masing di MTU. MTU ini menjadi pilot program kegiatan pendidikan dan pelatihan kecakapan kerja siswa,” pungkas Rachmat Fitri. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *