Sab. Sep 25th, 2021

ACEHSIANA.COM, Calang – Bupati Aceh Jaya, Drs H T Irfan TB menyerahkan bantuan satu unit sepeda motor untuk salah seorang siswa Disabilitas SMP Negeri 3 Teunom di Pasie Timon, Kec. Teunom Kab. Aceh Jaya, Selasa (11/02/2020).

Perhatian pemerintah kabupaten Aceh Jaya tersebut, mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya Plt. Kepala SLBN Aceh Jaya Maswadi SPd yang juga merupakan Ketua Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) Aceh Jaya.

Maswadi menyebutkan, bantuan yang diberikan kepada siswa disabilitas sangat tepat. Karena mereka memiliki keterbatasan yang harus dibantu oleh berbagai pihak, sehingga pendidikan mereka tidak terkendala.

Selain itu, Maswadi juga berharap adanya pemerataan perhatian kepada seluruh siswa penyandang disabilitas lainnya. Menurutnya, ada 164 orang penyandang disabilitas usia sekolah di Aceh Jaya yang harus dibantu dan diperhatikan.

“Perhatian bukan hanya berupa bantuan barang, tetapi bisa juga berupa jaminan pendidikan dan perhatian lain. Sehingga semua mereka bisa mengecap pendidikan sebagaimana siswa normal lainnya,” ujar Maswadi.

Maswadi menambahkan, mayoritas penyandang disabilitas berstatus belum sekolah, padahal mereka sudah berusia sekolah. Sehingga kepedulian dan perhatian pemerintah kabupaten Aceh Jaya sangat dibutuhkan.

Saat ini Aceh Jaya sudah memiliki sekolah luar biasa yang bernama SLBN Aceh Jaya, sudah seharusnya pemerintah daerah mengarahkan mereka untuk sekolah di tempat tersebut. Tentunya harus didukung dengan berbagai fasilitas, salah satunya transportasi antar jemput yang memadai, karena jarak tempuh mereka ke SLBN Aceh Jaya sangat jauh.

“Mayoritas penyandang disabilitas ada di kecamatan Jaya, Teunom, Setia Bakti, dan Panga. Kalau mereka ke SLBN Aceh Jaya jaraknya sangat jauh, sehingga harus dibantu dengan sarana transportasi,” beber Maswadi.

Maswadi mengakui pihaknya sudah pernah menyampaikan permohonan transportasi secara langsung kepada Bupati Aceh Jaya.

“Kita sudah sampaikan permohonan transportasi ke Bupati Aceh Jaya, katanya akan dipertimbangkan. Kita berharap semoga bantuan transportasi tersebut dapat terealisasi sehingga semua penyandang disabilitas di Aceh Jaya bisa bersekolah,” pungkas Maswadi. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *