Jum. Agu 19th, 2022

ACEHSIANA.COM, Sigli – 4 (empat) siswa SMAN Ulumul Quran Sigli siap berjuang belajar ke Turki dengan merebut Beasiswa Pemerintah Turki Tahun 2020. Keempat siswa tersebut terus mempersiapkan diri merebut beasiswa ke Turki.
Kepala SMAN Ulumul Quran Sigli, Irwandi Mag, kepada acehsiana.com, menjelaskan bahwa sejak tanggal 15 Januari 2020 Pemerintah Turki menawarkan Türkiye Scholarships. Program tersebut, kata Irwandi, merupakan beasiswa penuh bagi pelamar internasional (termasuk Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1, S2 atau S3 di universitas-universitas yang ada di Turki . Beasiswa tersebut, lanjut Irwandi, tersedia untuk berbagai jurusan dan bidang studi.

“Sejumlah persyaratan sudah mulai mereka persiapkan. Mulai dari mendaftar di web resmi https://turkiyeburslari.gov.tr/ dengan membuat akun masing-masing peserta, hingga apply lamaran,” ujar Irwandi yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pidie itu.

Lebih lanjut Irwandi menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tahun keempat diikuti siswa SMAN Ulumul Quran Sigli. Menurut Irwandi, pada tahun-tahun sebelumnya juga sudah ada siswa yang ikut dan mendaftar dan ada alumni yang sudah kuliah di sana. Irwandi berharap untuk tahun ini semakin banyak siswa yang lulus ke luar negeri. Sehingga, tutur Irwandi, bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelas untuk belajar lebih serius, karena belajar keluar negeri bukanlah hal yang mudah untuk diterima.

“Pihak pemerintah Turki akan menilai aplikasi para pendaftar berdasarkan prestasi akademik pelamar. Semua kandidat yang berhasil lolos seleksi tersebut, akan diundang untuk mengikuti wawancara baik online atau bertatap muka langsung di Kedutaan Besar Turki pada masing-masing negara,” tutup Irwandi.

Berdasarkan informasi resmi website beasiswa Pemerintah Turki dijelaskan bahwa untuk tahapan wawancara lebih lanjut pendaftar diinformasikan melalui email pelamar yang digunakan saat mendaftar. Para pelajar terpilih akan mendapatkan beasiswa di bidang sesuai dengan latar belakang akademik yang mereka kuasai. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *