Sab. Sep 25th, 2021

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe berwenang mengawasi SMA/SMK/SLB, meski sekolah tersebut dikelola Pemerintah Aceh. Wewenang tersebut sebagaimana diamanahkan oleh Sekretris Daerah (Sekda) Aceh kepada Sekda Kabupaten/ Kota se-Aceh. Pernyataan tersebut disampaikan Suaidi saat menerima audiensi Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Wilayah Kota Lhokseumawe bersama Kepala SMA/SMK/SLB dan Pengawas Sekolah se-Kota Lhokseumawe di Opproom Setdako Lhokseumawe pada Senin (20/1).

Menurut Suaidi, koordinasi antara Cabdindik dengan Pemko Lhokseumawe perlu diperkuat. Suaidi juga meminta untuk melaksanakan wewenang masing-masing dan saling menghargai. Sehingga, kata Suaidi, jika ada permasalahan dapat ditangani atau diberi rekomendasi kepada Pemerintah Aceh.

“Mutu pendidikan di Lhokseumawe harus lebih baik. Oleh karena itu koordinasi yang kuat dengan Pemko Lhokseumawe sangat perlu dilakukan demi mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik,” tegas Suaidi.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Lhokseumawe, T. Adnan SE menjelaskan bahwa dalam pertemuan dengan Sekda Aceh beberapa minggu yang lalu, pihaknya diberi wewenang untuk mengevaluasi kepala SMA/SMK/SLB di daerah. Menurut Adnan, pihaknya pernah melakukan sidak pada 5 (lima) sekolah SD dan SMP dan semua sekolah tersebut memiliki toilet siswa yang jorok.

“Kami akan melakukan sidak juga pada SMA/SMK/SLB di Lhokseumawe. Jangan sampai kami dapati toilet siswa kotor. Kalau toilet bersih, tidak mungkin ruangan lain kotor,” ujar Adnan.

Lebih lanjut Adnan berpesan kepada kepala sekolah yang baru dilantik untuk menginventarisir masalah. Misalnya, kata Adnan, SDM guru dan tenaga kependidikan dan sarana dan prasarana sekolah. Masalah tersebut, tambah Adnan, dicari jalan keluar jangan sampai tidak diselesaikan. Pihaknya, terang Adnan, siap mencari jalan keluar dan memberi rekomendasi kepada Pemerintah Aceh.

Kacabdindik Lhokseumawe, Anwar MPd, menerangkan bahwa koordinasi tersebut dilakukan agar terjalin hubungan yang harmonis dan saling menghargai antara pihaknya denga Pemko Lhokseumawe. Anwar sangat mendukung upaya Pemko dalam merazia siswa di Lhokseumawe termasuk siswa SMA dan SMK saat jam sekolah demi mewujudkan pendidikan Lhokseumawe ke arah lebih baik.

Audiensi dengan Pemko Lhokseumawe dihadiri oleh Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, Sekdako Lhokseumawe, T Adnan SE, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe, Drs Nasruddin MM, Kacabdindik Lhokseumawe, Anwar MPd beserta jajarannya, Kepala SMA/SMK/SLB dan Pengawas Sekolah se-Kota Lhokseumawe. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *