Sab. Sep 25th, 2021

ACEHSIANA.COM, Aceh Timur – SMA Negeri 1 Nurussalam, Aceh Timur melaksanakan Try Out Ujian Nasional Mandiri. Kegiata tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi UNBK tahun 2020. Try Out UN Mandiri dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMAN 1 Nurussalam pada Senin (13/1).

Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Khairuddin MPd, menjelaskan bahwa Try Out UN merupakan salah satu kegiatan selain penambahan waktu belajar untuk bidang studi UN agar nilai UN siswa meningkat. Soal try out, tambah Khairuddin, disiapkan secara mandiri oleh guru SMA Negeri 1 Nurussalam dengan mengacu kepada kisi-kisi soal UN yang sudah dirilis oleh Kemendikbud untuk tahun 2020.

Khairuddin melanjutkan bahwa soal-soal tersebut diramu menggunakan aplikasi yang dijalankan untuk ujian berbasis komputer, sehingga diharapkan siswa tidak sekedar mampu menjawab soal, siswa juga terbiasa menjawab soal ala UN tersebut.

“Penting sekali bagi kami melaksanakan try out mandiri selain mungkin saja nanti akan dilaksanakan oleh dinas. Jika ingin siswa lancar terhadap suatu materi dalam menjawab soal, maka perbanyaklah latihan, salah satunya melalui try out. Hasil UN di SMA Negeei 1 Nurussalam sebagaimana dipaparkan pada situs puspendik Kemendikbud, sangat mengecewakan. Karena itu kami harus berbenah secara dini,” ujar Khairuddin yang juga Wakil Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) pusat itu.

Menurut Khairuddin, hasil try out nantinya akan dijadikan acuan materi mana saja yang perlu diperkuat kembali oleh guru. Dengan demikian, pungkas Founder Sagudelta IGI itu, diharapkan ada peningkatan hasil UN tahun 2020 di SMA Negeri 1 Nurussalam, pungkas Khairuddin. (*)

Kontributor: Poetra Juang

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *