Sab. Sep 25th, 2021

ACEHSIANA.COM, Calang – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Jaya menyelenggarakan Lomba Karya Tulis. Lomba tersebut digelar bagi siswa SMA/MA/SMK se-Aceh Jaya. Lomba yang bertemakan Pemilih Pemula pada Pemilu 2019 itu menyediakan hadiah total Rp. 12.000.000,-.

Ketua KIP Aceh Jaya, Izwar SPdI MPd menjelaskan bahwa keberhasilan Pemilu/Pilkada tidak hanya ditentukan oleh penyelenggara saja, tetapi pengguna hak pilih, pemilih cerdas dan terhormat juga turut menghasilkan yang pemimpin berkualitas.

“KIP Aceh Jaya selaku penyelenggara pemilu terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih. Tugas kami bukan hanya dalam persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan logistik Pemilu saja, namun yg lebih penting adalah memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat, salah satunya pemilih pemula,” kata Izwar.

Lebih lanjut Izwar menambahkan bahwa lomba karya tulis tersebut bertuajuan untuk pertama, memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pemilih pemula tentang literasi yang berhubungan dengan kepemiluan, kedua, memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula selaku calon pemimpin masa depan, dan ketiga, meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada kedepan.

Izwar merinci jadwal yang telah disusun panitia dimana pendaftaran dan berkas karya tulis diterima tanggal 08 – 21 Desember 2019. Seleksi karya tulis tanggal 22 – 24 Desember 2019. Pengumuman hasil 25 Desember 2019. Selanjutnya 10 finalis hasil seleksi akan mengikuti grand final akhir Desember 2019 untuk mempresentasikan karya tulisnya dihadapan dewan juri.

Izwar juga meminta peserta untuk menghubungi panitia yaitu, Al Furqan (085275753992), Haikal (082165120812) untuk menanyakan informasi lebih lanjut. (*)

Kontributor: Maswadi

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *