Jum. Agu 19th, 2022

ACEHSIANA.COM, Aceh Timur – SMK Negeri 1 Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur dalam mendukung program pemerintah bidang pendidikan yang sedang berada dalam era pendidikan 4.0, melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2019/2020 berbasis Komputer tanggal 5 – 16 Desember 2019.

“Tahun ini merupakan kali pertama SMK Negeri 1 Nurussalam melaksanakan ujian berbasis komputer dikarenakan kami sekolah baru dan langsung kami laksanakan ujian berbasis komputer menggunakan CBT dengan versi #hastagindonesia untuk kelas X”, Ujar Kepala Sekolah Muhammad Nasir, S. Pi

Lebih lanjut Nasir menambahkan untuk pelaksanaan ujian perdana tahun ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar meskipun sedikit kendala dikarenakan keterbatasan fasilitas komputer yang belum tersedia di sekolah.

“Kami mengambil inisiatif untuk meminjam laptop dari guru sebanyak 15 buah laptop untuk menanggulangi tidak adanya laptop atau komputer di sekolah. Kami berharap pihak terkait terutama Dinas Pendidikan dapat membantu sekolah dalam pengadaan laptop atau komputer,” kata Nasir.

Menurut Said Arif Tirtana, STrT selaku penanggup jawab dan Kajur jurusan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi bahwa dalam pelaksanaan ujian mereka menggunakan aplikasi bersifat Offline tetapi aplikasi ini dapat digunakan baik online maupun offline.

“Sistem yang dipakai dalam US-BK kali ini sama seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK untuk semua program keahlian. Setelah selesai ujian siswa langsung dapat mengetahui nilai yang di dapat untuk setiap mata pelajaran yg diujiankan, ” ujar Said yang juga alumnus Politeknik Lhokseumawe.

Said berharap dengan sistem tersebut akan terwujud model evaluasi yang lebih obyektif, jujur, dan bertanggung jawab. (*)

Kontributor: Fitriadi

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *