Ming. Okt 17th, 2021

ACEHSIANA.COM, Korea Selatan – Dinas Pendidikan Aceh mengirimkan puluhan guru SMK se-Aceh untuk magang di negeri ginseng, Korea Selatan. Magang ke Korea Selatan, para guru SMK ini diajarkan teknologi Smart Automotive.

Program magang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh bekerja sama dengan Korea Internasional Development Supportes (KIDS) bagi guru SMK se-Aceh bidang teknologi dan rekayasa untuk belajar di Hwaseong Campus of Korea Polytechnics. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang berkembang secara drastis dan terus berevolusi.

Kurniadi, guru SMKN 2 Sigli, yang merupakan salah seorang peserta magang menyebutkan, bahwa program tersebut menjadi sebuah kesempatan emas bagi guru SMK untuk meningkatkan kompetensi, sehingga dapat mentrasfer ilmu yang diperoleh di Korea Selatan kepada para siswa.

“Saat ini kita sedang diajarkan materi Smart Automotive, di ruang praktek Korea Polytechnics, ini merupakan ilmu terbaru bagi kami. Apalagi sekarang ini sedang berkembangnya teknologi mobil hybrid,” kata Kurniadi.

Lebih lanjut Kuriniadi menambahkan bahwa dalam proses pembelajaran, para profesor dari Korea Polytechnics langsung mengajarkan para guru SMK Aceh dengan sistem praktek langsung.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid GTK) Dinas Pendidikan Aceh, Dra Nurhayati MM, menyampaikan, bahwa salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan cara meningkatkan kompetensi para guru.

Menurut Nurhayati, SMK merupakan sekolah vokasi yang sangat besar pengaruhnya dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, lanjut Nurhayati, guru-guru yang mengajar di SMK harus di upgrade kompetensi mereka tentang teknologi terkini.

“Kita sangat berharap, para guru yang sudah dikirimkan magang ke Hwaseong Campus Of Korea Polytechnics, ketika kembali ke sekolah agar dapat mentrasfer ilmunya kepada siswa dan guru-guru lain,” tutup Nurhayati saat menyampaikan sambutan pada acara penyerahan 30 guru SMK Aceh kepada rektor untuk magang dikampus tersebut. (*)

Kontributor: Fitriadi

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *