Ming. Okt 17th, 2021

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Siswa SMPN 5 Langkahan, Aceh Utara yang berstatus sekolah terpencil, meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP Tingkat Nasional Tahun 2019. Siswa berprestasi dan membanggakan tersebut adalah Riska Haldana dan Nolita Abdila Sari. Raihan medali perak berdasarkan pengumuman panitia pada Jumat (29/11) di Jakarta.

Pembimbing OPSI SMPN 5 Langkahan, Khaidir SE menuturkan kebanggaan dan rasa syukur yang mendalam atas prestasi yan diraih siswanya. Prestasi tersebut, lanjut Khaidir, membungkam rasa pesimis dari banyak pihak terhadap prestasi sekolah pedalaman.

“Kami melakukan pembinaan sejak tahun 2015, tetapi baru kali ini siswa kami lolos. Kami mengirimkan 3 (tiga) judul penelitian dan Alhamdulillah salah satunya lolos tingkat nasional sekaligus meraih medali perak. Medali ini kami persembahkan untuk masyarakat Aceh Utara dan seluruh pihak yang teah membantu kami,” jelas pria yang akrab disapa apa gampong tersebut.

Khaidir tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Utara, Qusthalani MPd yang telah turut membantu pihaknya selama penelitian berlangsung. Qusthalani, menurut Khaidir, telah berhasil memotivasi siswa mereka yang terpencil sehingga mampu berprestasi seperti sekarang.

Lebih lanjut Khaidir menambahkan bahwa tim OPSI SMPN 5 Langkahan yang berhasil meraih medali emas meneliti tentang Keuneunong Sebagai Ilmu Bertani Masarakat Aceh. Judul tersebut, kata Khaidir, termasuk dalam Bidang Lomba Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Seni.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Dr Poppy Dewi Puspitawati MA dalam sambutan penutupan OPSI mengharapkan agar kedepan para peneliti muda tersebut dapat menjadi generasi emas Indonesia. Poppy sangat bangga karena para finalis menunjukkan ke-Bhinneka Tunggal Ika.

“Para Finalis berasal dari sleuruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Ini merupakan Finalis Bhinneka Tunggal Ika. Mudah-mudahan para peneliti muda ini menjadi generasi emas Indonesia yang mampu membawa Indonesia menuju negara maju, tutup Poppy.

Selain SMPN 5 Langkahan, perwakilan Aceh lainnya, SMPN 3 Langsa juga mempersembahkan medali perunggu kepada masyarakat Aceh. Bahkan SMPN 3 Langsa meraih 2 medali perunggu untuk dua bidang lomba yang berbeda. Kedua bidang lomba tersebut adalah bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *