Sen. Jun 21st, 2021

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad SE MSM memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019. Upacara peringatan HGN tahun 2019 berlangsung di halaman kantor Walikota Lhokseumawe pada Senin (25/11).

Upacara diikuti oleh guru berbagai jenjang se-Kota Lhokseumawe, Sekda Kota Lhokseumawe, para pejabat, dan perwakilan organisasi profesi guru seperti PGRI dan IGI. Mereka berdiri membentuk barisan menghadap Wakil Walikota Lhokseumawe yang didapuk sebagai Pembina upacara.

Wakil Walikota Lhokseumawe membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim yang sempat viral tersebut. Dalam sambutannya, Mendikbud memahami bahwa guru diberi tugas untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Selanjutnya Mendikbud sebagaimana dibacakan Wakil Walikota Lhokseumawe mengatakan bahwa guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu guru habis hanya untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Mendikbud juga sadar bahwa guru tahu betul potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Nadiem juga menyadari bahwa guru ingin setiap murid terinspirasi, tetapi guru tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Dalam sambutannya, Nadiem berpesan agar guru melakukan perubahan kecil di kelas seperti mengajak anak berdiskusi bukan hanya mendengar. Nadiem juga meminta guru memberi kesempatan murid untuk mengajar di kelas.

Nadiem ingin agar guru menemukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Nadiem berharap guru menawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan. Nadiem percaya bahwa perubahan kecil yang dilakukan guru jika dilakukan secara serentak, maka akan mampu menggerakkan kapal besar bernama Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Lhokseumawe menyerahkan penghargaan kepada guru dan sekolah yang berprestasi dan mengharumkan nama Lhokseumawe di kancah lokal maupun nasional. Tidak lupa Wakil Walikota mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional kepada seluruh guru di Kota Lhokseumawe. (*)

Editor: Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *