Sen. Jun 21st, 2021

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – SMA Negeri 7 Lhokseumawe melaksanakan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Periode 2019/2020. Pemilihan Ketua OSIS (Pilkesis) menggunakan sistem e-voting atau berbasis digital yang dikenal dengan e-pilkesis. Pelaksanaan e-pilkesis berlangsung di gedung SMAN 7 Lhokseumawe pada Jumat (22/11). Pasangan Muhammad Qadri Daika – Dinda Afriza terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 7 Lhokseumawe periode 2019/2020.

Menurut Pembina OSIS SMAN 7 Lhokseumawe, Radma Sag, rangkaian e-pilkesis sudah berlangsung beberapa tahap. Tahapan tersebut, kata Radma adalah pendaftaran bakal calon, penetapan bakal calon, kampanye, menginput pemilih ke dalam sistem, dan proses pemilihan. Sementara sistem e-pilkesis, jelas Radma, digagas oleh Waka Kurikulum SMAN 7 Lhokseumawe, Jon Darmawan MPd.

Nota Dinas Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Nurnaningsih SAg meminta kepada panitia dan pemilih untuk berpartisipasi secara aktif demi kesuksesan e-pilkesis. Nurnaningsih menegaskan bahwa e-pilkesis merupakan sistem pemilihan berbasis digital yang perdana dilaksanakan di SMAN 7 Lhokseumawe.

“Karena e-pilkesis ini perdana kita laksanakan maka semua harus berpartisipasi agar tercipta iklim demokrasi yang sehat. Pilihlah pasangan calon berdasarkan visi dan misi sesuai dengan kata hati. Semoga e-pilkesis ini melahirkan ketua OSIS yang amanah, bijaksana, dan bertanggung jawab,” pesan Nurnaningsih.

Penggagas e-pilkesis SMAN 7 Lhokseumawe, Jon Darmawan MPd menjelaskan bahwa siswa memilih pasangan calon pada setiap Tempat Pengumpulan Suara (TPS) yang disediakan panitia. Pada TPS tersebut sudah disediakan komputer untuk memilih pasangan calon. Pemilih hanya perlu memilih pasangan calon dengan cara klik pada salah satu pasangan calon.

“E-pilkesis ini sangat efektif dan efisien sehingga mampu menghemat biaya. Nomor pemilihan hanya dapat digunakan sekali saja sehingga sangat tidak mengkin terjadi penggelembungan suara. Selain itu tidak ada pilihan golput sehingga pemilih wajib memilih salah satu pasangan calon,” terang Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhoksuemawe itu.

Live perolehan suara

Pantauan tim acehsiana.com, pelaksanaan e-pilkesis berlangsung dalam suasana yang meriah dan lancar. Terdapat 4 (empat) pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS yang berlaga yaitu pasangan Riski Ananda – Cut Wirdatul Hafizah yang memperoleh 59 suara (31,90%), pasangan Khairunnisa – Siti Nurhaliza meraih 12 suara (6,48%), pasangan Muhammad Haikal Umra – Puti Mulyani meraup 32 suara (17,30%), dan pasangan Muhammad Qadri Daika – Dinda Afriza mengumpulkan 82 suara (44,32%).

Saling kejar mengejar suara terjadi antara pasangan Riski Ananda – Cut Wirdatul Hafizah dengan pasangan Muhammad Qadri Daika – Dinda Afriza. Awalnya pasangan Riski Ananda – Cut Wirdatul Hafizah memimpin tetapi pada injury time suara mereka disalib oleh pasangan Muhammad Qadri Daika – Dinda Afriza hingga berselisih 23 suara. Dengan demikian maka pasangan Muhammad Qadri – Dinda Afriza berhak memimpin OSIS SMAN 7 Lhokseumawe periode 2019/2020. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *